Diklat Wasor # 2

lanjutan catatan dari perjalanan weekend (10/06) kemarin :)


# Situ Patenggang

Kali ini An ingin menceritakan tentang Situ Patenggang yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Pernahkah teman-teman singgah ke sana? Bagi pecinta alam, belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi Situ ini saat mampir ke kota kembang. "Situ" berarti nama danau yang terdapat di dataran tinggi. Masih penasaran dengan sejarah terbentuknya Situ Patenggang? Simak uraian yang An ambil dari http://www.navigasi.net/goart.php?a=dapateng berikut :)


Danau Patenggang atau lebih dikenal dengan nama Situ Patenggang oleh masyarakat setempat, menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.

[navigasi.net] Danau - Patenggang
Pulau Sasuka yang berada ditengah Situ Patenggang. 
Untuk menikmati objek wisata ini terdapat fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada dibagian tengah danau yang bernama Pulau Sasuka. Pulau ini tampak rindang dengan banyaknya pohon-pohon tinggi yang tumbuh didalamnya. Sementara diseberang danau terdapat lokasi yang cukup menarik yang diberi nama Batu Cinta yang konon dipercayai akan memberi kelanggengan cinta bagi pasangan yang datang berkunjung kelokasi tersebut.

Perahu yang tersedia ini cukup banyak jumlahnya, dan dalam kondisi yang bagus atau terawat saat saya berkunjung kesana. Warna perahu yang cerah cukup kontras atau menyolok sekali dengan lingkungan sekitarnya yang didominasi warna hijau. Fasilitas sarana transportasi air yang disewakan di tempat ini berupa penyewaan perahu dayung, perahu boat dan sepeda air dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Terdapat pula fasilitas gazebo maupun tempat-tempat duduk tanpa atap yang terbuat dari semen untuk keperluan menikmati panorama sekitar dari tepi danau. Urusan makananpun bukanlah suatu hal yang sulit dikarenakan banyaknya warung penjual makanan yang berderet dekat dengan areal parkir.
Disepanjang jalan menuju Situ Patenggang terpampang hamparan hutan dan kebun tehnya. Perkebunan strawbery juga banyak ditemui selama perjalanan. Umumnya perkebunan strawbery tersebut menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya yang ditanam pada kantong-kantong plastik.

Legenda Situ Patenggang...
Kawasan ini memiliki sebuah legenda sehingga muncul nama Situ Patenggang. Sejarah atau mitos tentang Situ ini muncul ke permukaan disebabkan karena seorang pangeran dan seorang putri yang saling jatuh cinta. Namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keudanya karena dipisahkan oleh keadaan. Sehingga air mata mereka membentuk sebuah situ atau danau. Selanjutnya danau itu dinamai dengan situ patenggang yang diambil dari kata pateangan-teangan yang berasal dari bahasa sunda yang artinya saling mencari-cari.


An bersama Bapak/ Ibu Wasor nusantara mengunjungi situ ini dengan mengelilinginya bersama perahu. Dalam satu perahu bisa memuat antara 20-25 orang. Saat itu kami dikenakan tarif Rp 15.000/ PP. Di seberang danau terdapat "Batu Cinta" yang memiliki pemandangan yang romantis. Tak heran, banyak pasangan muda-mudi yang berkunjung ke pulau tersebut.

naek perahu

subhanallah, yaa..


batu cinta
to be continued... ;)




Read Users' Comments (8)

8 Response to "Diklat Wasor # 2"

  1. Tebak Ini Siapa, on 12 Juni 2012 07.12 said:

    Hihihi aku pernah juga ke sana.
    Trus megang-megang batunya doa macem2 wkwkwk

  2. deadyrizky, on 12 Juni 2012 09.48 said:

    kalo dilihat dari fotonya sih cantik
    cuman masih kalah jauhhh ama Danau Laut Tawar. Wasooyy

  3. An Maharani Bluepen, on 12 Juni 2012 20.08 said:

    megang batu cinta, mbak?
    hehehehe..
    lebih afdhol doanya ma Alloh, ya, mbak? :0

  4. An Maharani Bluepen, on 12 Juni 2012 20.09 said:

    Danau laut tawar di mana, ik? :)

  5. diniehz, on 12 Juni 2012 20.38 said:

    Subhanallaah, baguuuus ^^

  6. An Maharani Bluepen, on 14 Juni 2012 04.19 said:

    iya, mbak...Alhamdulillah, ya

  7. Tebak Ini Siapa, on 14 Juni 2012 06.32 said:

    Hihi kalau itu jelas lah... doanya kan memang kepada Tuhan.
    Lucu aja sih ada mitos begitu begitu :D

  8. An Maharani Bluepen, on 14 Juni 2012 17.34 said:

    tempat yg romantis bersama pasangan..^^
    apalagi kalo yg sedang bulan madu..
    kaapaan, yaa, An diajak di sini bersama suami An nantii?
    yg penting jangan s/d syirik, deh...

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver