Cantik bersama Sahabat Baik


Lomba Blog Kosmetik Halal
Cantik bersama Sahabat Baik


http://fashionesedaily.com/blog/2012/05/01/bagaimana-memilih-kosmetik-halal/
www.wardahbeauty.com


Aku mengenalmu belum begitu lama. Kira-kira setahun yang lalu, sahabatku mengenalkan aneka produkmu kepadaku. Kau yang berstatus halal membuatku semakin penasaran. Apakah selama ini aku mengkonsumsi segala hal yang halal, termasuk dalam penggunaan kosmetik? Segala cara memang dilakukan hampir semua wanita untuk mempercantik wajahnya. Di sisi lain, mereka justru kurang peduli apakah bahan kandungan setiap kosmetik tergolong aman dan terjamin kehalalannya.

Isu mengenai kosmetik halal belum berkembang pesat bagi remaja sepertiku. Perhatian mengenai produk biasanya lebih terkait dengan bahan makanan. Kesadaran masyarakat awam tentang kosmetik yang halal masih lebih minim daripada kesadaran tentang makanan halal. Masalahnya adalah keterbatasan akses bahan baku yang memenuhi standar halal, dan pedoman yang bisa memastikan status kehalalan bahan baku tersebut. Selain bahan baku yang digunakan, proses quality control, peralatan, bangunan dan personil yang terlibat dalam penyusunan produk juga mempengaruhi kualitas dan status halal dari kosmetik (1). Akhir-akhir ini mulai banyak produsen kosmetik yang mempromosikan produknya yang berstatus halal. Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang memperhatikan segi kehalalan, aku ingin mengenalmu lebih dekat.

http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/15/41/page/1
sertifikasi halal dari MUI
Tidak mudah untuk menentukan bahwa produk kecantikan itu halal atau haram. Seperti  makanan halal, kosmetik halal harus terbuat dari bahan dasar dan proses yang halal (2,3). LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Makanan Majelis Ulama Indonesia) berwenang untuk menerbitkan daftar produk kecantikan yang mendapatkan sertifikasi halal. Sertifikasi halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Masa berlaku sertifikasi halal adalah dua tahun (3). Subhanallah, setelah aku telusuri di halaman jurnal halal MUI, sebanyak 57 produk kosmetik darimu telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Gambar di samping adalah logo MUI yang tertempel pada produkmu. Di sana terlihat nomor sertifikatmu (00150010680899) yang berlaku hingga 5 November 2012 (4). Semoga, kualitas halalmu berlaku sepanjang waktu.

Beberapa produk kosmetik menggunakan bahan yang sangat kompleks dengan istilah-istilah yang rumit. Botanical ingredient, yaitu bahan dalam kosmetik yang berasal dari tumbuhan (herbal, akar, bunga, buah, daun, dan biji) secara natural halal, kecuali telah bercampur dengan enzim hewan. Semua bahan turunan dan ekstrak dari binatang yang diharamkan (seperti babi) dapat dipastikan haram. Adapun nama teknis dan nama paten yang biasa terdapat dalam komposisi kosmetik antara lain: allantoin (alantoin), asam amino, cholesterol, kolagen, colours/ dye, cystine (sistina), elastine, gelatin (gelatin), glycerine (gliserin), hyaluronic acid (asam oleat), stearic acid (asam staerat), stearyl alcohol, tallow  (lemak hewan), dan vitamin A (1). Di dalam jurnal halal MUI, beberapa bahan kosmetik yang dinyatakan haram sebagai berikut:



Berasal dari hewan haram
http://www.halalmui.org/newMUI/files/babi%20dan%20produk%20haram%20turunan.pdf
www.halalmui.org
Ada banyak bagian tubuh atau protein yang berasal dari hewan haram seperti babi yang digunakan untuk bahan kosmetik. Dari lemak babi (fat) terdapat glyserin yang membantu melembutkan dan menghaluskan kulit, kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit, serta Asam Alfa Hidroksi (AHA) yang berguna menghilangkan keriput (2,3). Mengapa diharamkan? Selain berdampak buruk kepada kesehatan, aturan bahan haram ini sudah diterangkan jelas dalam kitab suci Al Quran: QS Al Baqarah (2):173, QS Al Maidah (5):3, QS Al An’am (6):145, dan QS An Nahl (16):115. (5)

Berasal dari plasenta manusia
Plasenta yang berasal dari manusia dan hewan haram sering disalahgunakan untuk produk kecantikan. Plasenta kaya akan nutrisi sehingga digunakan sebagai bahan penghilang kerutan. Beberapa produk kosmetik yang menggunakan bahan plasenta antara lain lipstik, pelembab bibir, parfum, krim wajah, lotion pelembab kulit, sabun mandi dan bedak (2). Dewasa ini, produsen kosmetik yang nakal semakin lihai menggunakan istilah tersembunyi seperti ‘protein’ untuk menggantikan ‘plasenta’(1).

Berasal dari bahan yang berbahaya
Produk halal juga harus melindungi konsumen dari zat yang merugikan. Di antara bahan yang membahayakan adalah merkuri dan hidroquinon. Merkuri dianggap dapat memicu kanker dan hidroquinon dapat memicu alergi dan iritasi.

Penjelasan mengenai bahan-bahan kosmetik haram tersebut, membuatku merinding. Mungkin tanpa disadari unsur babi dan turunannya masuk ke dalam jaringan tubuh kemudian aliran darahku hingga mempengaruhi perilaku. Seorang konsumen muslim memang perlu jeli terhadap kehalalan suatu bahan produk kosmetik. Hal ini dikarenakan tidak semua produk mencantumkan secara lengkap mengenai komposisi bahan penyusun produk pada label kemasan. Dalam memilih kosmetik sebagai sahabat yang baik untuk kesehatan, perlu dilakukan secara selektif. Aku mensyukuri telah mengenalmu sebagai produk kosmetik yang diformulasikan halal dan berkualitas. Pada setiap kemasan selalu diselipkan tips pemakaian dan komposisi bahan yang lengkap.

Doc. An : Konsultasi Produk Wardah (24/08/12)

Produk kosmetikmu menghadirkan perawatan pencerahan kulit yang aman dengan zat aktif yang bisa diandalkan. Tujuan utamanya adalah pencerahan bukan pemutihan yang seperti dijanjikan oleh produk kosmetik kebanyakan. Proses pencerahan kulit menjadi lebih mudah dengan tiga langkah perawatan: pembersihan (cleansing), perlindungan (protecting), dan pencerahan (lightening). Produk kosmetik yang baik tidak memerlukan waktu yang instan untuk membuat wajah semakin cantik, tetapi mempertahankan kecantikan dan tidak merusak warna kulit sebenarnya. Beberapa produkmu yang menjadi sahabat dekat tubuhku, aku uraikan satu per satu melalui tulisan blog ini, ya.

Wardah Milk Cleanser (150 ml)
Doc. An : Aneka Produk Wardah Milik An (24/08/12)
Setiap hari aku beraktivitas di luar rumah sehingga mudah terpapar sinar UV. Saat mengendara motor, debu-debu kotor beterbangan sering melekat ke kulit wajahku. Jika tak menggunakan pembersihmu, mungkin kulitku makin gelap dan ternoda. Kulit yang bersih adalah awalan terbaik perawatan kulit. Tanpa kotoran di permukaannya, nutrisi dan zat aktif dapat menyerap sempurna. Milk cleanser ini mengangkat kotoran dan make-up  secara menyeluruh. Teksturnya lembut, ber-pH seimbang, dan tidak lengket. Selain itu, pembersih ini berperan untuk membantu proses pencerahan dengan kandungan Vitamin B3 yang sangat efektif mengatasi warna kulit tidak merata (discoloration), iritasi, kerut, serta untuk meningkatkan elastisitas kulit. Bahan lain terdapat Glycolic acid, yaitu jenis AHA terbaik untuk mengangkat kulit masam dan mempercepat regenerasi kulit serta Licorice extract sebagai penghambat melanin, hiperpigmentasi, dan anti peradangan (7,8).

Wardah Face Toner (150 ml)
Face toner digunakan untuk membersihkan minyak wajah dan sisa Milk cleanser yang telah digunakan. Ibarat sahabat hebat, produkmu ini mengandung zat aktif Seaweed extract  untuk mengangkat kelebihan minyak di kulit, Licorice dan Vitamin E yang mengurangi masalah penuaan dini. Formula pH balanced dan alcohol free memberikan efek nyaman dan segar. Pengangkatan Milk cleanser akan lebih bersih bila menggunakan spon basah (7,8).

Wardah Lightening Two Way Cake (12 gr)
Doc.An: Wisuda An (25/04/11)
Aku memang tergolong muslimah yang sederhana dalam bertata rias. Tak suka dengan sapuan bedak tebal yang berlebihan. Jujur, bedak adalah satu-satunya kosmetik yang aku gunakan sejak SMA. Saat itu aku memakai bedak seadanya dan tidak memperhatikan komposisi bahannya. Saat itu, produk bedak yang paling lama bertahan di wajah rata-rata hanya dua atau tiga jam. Selanjutnya, wajah tampil kusam kembali. Aku memang tak terlalu peduli soal itu. Masalah wajah yang tampak cerah memang belum menjadi perhatianku. Namun ada suatu kondisi yang membuatku harus bertata rias, misalnya ketika diwisuda. Saat itu, aku memilih Wardah Lightening Two Cake (WLTC) sebagai kosmetik bedakku. Aku memang sengaja tak pergi bertata rias ke salon. Hari pertama, sahabatku yang berperan dalam merias wajahku. Hari kedua, aku bertata rias mandiri karena sahabatku berhalangan hadir. Aku berpikir, produk bedak yang aman dan membuat tata riasku tak berlebihan adalah milikmu. Lightening Two Way Cake, paduan bedak sekaligus alas bedak (foundation) dengan tekstur lembut di kulit, membuat kulit terlihat lebih halus, mulus dan bertahan lama. Diperkaya ekstrak Licorice yang berkerja membuat wajah tampak cerah, Octyl metoxycinnamate+Titanium dioxide micronized sebagai perlindungan dari sinar ultraviolet (UV) dan Squalane yang melembutkan kulit (7,8). Sampai masa dunia kerja kini, dirimu masih setia menemaniku. Tak lupa ketika persediaanmu menipis, aku sediakan isi ulang (refill) untuk melengkapi tata riasku.

Doc.An : refill bedak WLTC


Wardah EFB -Hand and Body Lotion- (150 ml)
Energizing Floral Bouquet (EFB), merupakan lotion dengan keharuman floral yang meyegarkan. Diperkaya Titan dioxide sebagai pelindung dari sinar UVA yang mempercepat penuaan kulit. Selain itu, terdapat minyak zaitun yang berfungsi untuk mempertahankan keremajaan kulit (7,8). Lotionmu ini cepat meresap, tidak lengket dan tidak berminyak. Kulitku menjadi lebih halus dan lembut usai memakaimu.

Doc. An : Wardah EFB Lotion dan Brosur Kecantikan Wardah


Doc. An : Peeling Cream dan Facial Mask
Wardah Peeling Cream (60 ml)
Peeling cream ini berfungsi untuk menjaga kelembutan kulit serta membantu proses regenerasi sel, serta menjaga kelembaban kulit. Scrub lembut dalam produkmu ini membantu mengangkat sel kulit mati (7,8). Namun demikian, krim ini tidak cocok digunakan pada kulit yang kering, sensitif atau sedang berjerawat.
 
Wardah Facial Mask (60 ml)
Seperti Peeling cream, proses pencerahan intensif kulit dapat dilakukan dengan penggunaan Facial mask dalam seminggu sekali. Masker yang diperkaya kaolin, licorice, seaweed, dan Vitamin E ini diformulasikan untuk menghaluskan, mencerahkan, menutrisi, dan mengontrol minyak wajah (7,8).

Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel (40 ml)
Setiap kulit wajah memiliki sensitivitas yang berbeda. Kulit berminyak sepertiku lebih sering berjerawat. Hal ini bisa juga karena pola dan jenis makanan yang aku konsumsi sehingga mempengaruhi hormon tubuhku. Untuk merawat kulit berjerawat serta mengurangi minyak pada wajah, aku memilih Acne perfecting moisturizer. Produk ini mengandung aloe vera, triclosan, Provit B5, tabir surya SPF 18, dll (7,8). Dengan pemakaian yang teratur, aku harap wajahku menjadi tetap sehat.

Doc. An: Produk Acne Wardah yang Beredar

Wardah Hydragloss (3,8 gr)
Dalam kondisi panas, bibirku menjadi kering dan sering mengelupas. Untuk menjaga kelembabannya, aku menggunakan Hydrogloss dari produkmu. Di antara pilihan warna yang ada, aku menyukai warna yang tak menyala seperti putih dan coklat muda. Aku dan sahabatku menyukai Hydrogloss darimu karena bersifat lebih lembut (soft) daripada lipstik. 
Doc. An: Pemakaian Hydragloss bersama Sahabat


Pengalaman memakai produkmu meninggalkan kesan positif dalam hidupku. Hal ini sengaja aku bagikan dalam tulisan blog ini. Info lomba blog tentang kosmetik halal bisa diklik di sini. Aku harap para pembaca semakin terinspirasi dan tergugah akan kehadiran kosmetik halal sepertimu. Kekuatan untuk menjaga kehalalan suatu legalitas produk merupakan jalan yang tak mudah. Semoga dirimu tetap istiqomah dalam menjaga kualitas dan kehalalan yang didambakan setiap umat.

Wardah, engkaulah sahabat setia yang mencerahkan wajah, hati, dan pikiranku :)

Sumber Link:
1.  Ketupat Kartini. Bagaimana memilih kosmetik halal. 01 Mei 2012. http://fashionesedaily.com/blog/2012/05/01/bagaimana-memilih-kosmetik-halal/ Diakses pada tanggal 24 Agustus 2012.
2.    Pojok cantik. 04 Agustus 2012. http://www.pojokcantik.com/352/tips-memilih-kosmetik-halal Diakses pada tanggal 24 Agustus 2012.
3. Majelis Ulama Indonesia. Sertifikasi Halal. http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/15/41/page/ Diakses pada tanggal 24 Agustus 2012
4. Majelis Ulama Indonesia. Sertifikasi Kosmetik Halal. http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1309 Diakses pada tanggal 24 Agustus 2012.
5.            Al Hidayah. Al Qur’an Tafsir Per Kata. Tangerang Selatan: Kalim.
6. MUI. Babi dan Turunannya serta Unsur haram Produk. http://www.halalmui.org/newMUI/files/babi%20dan%20produk%20haram%20turunan.pdf
7. Brosur Wardah. Light Up Your Skin.
9. Blogdetik. http://halalismylife.blogdetik.com/2012/07/08/lomba-blog-kosmetikahalal-berhadiah-gadget-keren/#comments

An Maharani Bluepen
Pengumpulan detik-detik terakhir..
24 Agustus 2012
23:57

tweet An: @AniaMaharani
fb An: Asagi Enpitsu

Read Users' Comments (2)

2 Response to "Cantik bersama Sahabat Baik"

  1. Niar Ci Luk Baa, on 25 Agustus 2012 20.03 said:

    Wah sampek mbak spg yang cantik di foto juga, eeh bisa refill juga toh bedaknya wah kemarin belum tanya :D

  2. An Maharani Bluepen, on 26 Agustus 2012 06.41 said:

    iyaa, mbak Niar...kemarin An konsultasi ma beliau..
    siip, kalo bedaknya habis direfill aja ^____^

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver