Kesempatan Kedua di BAW

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Bismillaahirrahmaanirrahiim


Apa yang Anda lakukan ketika denyut jantung mau berhenti dalam waktu tak lama lagi? Atau saat Anda dalam kondisi terhimpit namun hanya memiliki waktu limit yang tersisa untuk memperbaiki kesalahan? Hal ini menyebabkan kondisi hati semakin frustasi hingga larut dalam penyesalan. Ada hasrat untuk kembali ke masa lalu, namun apa daya sang waktu terus berputar sesuai ketetapan-Nya. Di lubuk hati terdalam, adakah keinginan untuk memperoleh kesempatan kedua?


www.bawindonesia.blogspot.com
Give Away BAW 20 Maret - 20 April 2013 [Info link]

Desember 2012.
Setelah saya mati suri kurang lebih enam bulan di Grup BAW, saya memperoleh energi menulis kembali. Saya bersyukur mendapatkan kesempatan kedua untuk masuk di Grup Penulis ini. Grup BAW beranggotakan para penulis dan calon penulis yang ingin belajar menulis dengan sungguh-sungguh. Ketidakaktifan tanpa izin membuat saya tereliminasi sejak Juni 2012. Masih tersisa nada penyesalan saat tidak bergabung dengan komunitas penulis dunia maya yang membuat sisi batin saya terasa hampa. Pada kesempatan Give Away BAW ini, saya ingin mengulas sepintas tentang perjalanan saya di grup penulis yang baru berdiri pada tahun 2011.

Grup BAW dirintis oleh seorang ibu muda cantik, beranak tiga yang telah menerbitkan belasan buku antologi, cerpen, serta empat buku non-fiksi, bernama Leyla Imtichanah dengan nama pena Leyla Hana. Pertama kali mengenal mbak Leyla Hana yaitu ketika audisi antologi ‘Gado-gado Poligami’. Saat itu kebetulan saya memiliki naskah kisah nyata tentang kehidupan Poligami, namun naskah saya tidak lolos sebagai nominator penulis.

Di balik kejadian itu, saya kemudian mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam Grup Penulis yang akhirnya diberi nama BE A WRITER [BAW]. Semula grup FB ini bersifat open grup lalu berubah sifat menjadi close grup dengan jumlah anggota yang dibatasi (100-an orang). Alasan sang founder (kami sebut beliau dengan Bu Kepsek) memang bisa dipahami. Beliau ingin dengan anggota yang sedikit itu bisa berinteraksi dengan intens dan serius untuk mendalami dunia pena. Ada banyak grup FB yang saya ikuti dengan jumlah anggota banyak namun yang aktif hanya segelintir orang saja. BAW menimbulkan kesan berbeda. Bagi saya, grup penulis ini memiliki visi dan misi yang jelas sehingga anggota yang terdaftar merasakan manfaat yang ada dan berusaha untuk ‘eksis’ di dalamnya.

Jenis postingan yang masuk ke beranda-pun mulai dimanajemen agar rapi. Banyak kritik dan saran untuk membangun grup penulis ini lebih baik. Ada inisiatif dari salah satu anggota, kemudian dibuatlah jadwal agenda grup BAW setiap hari dengan rincian berikut:

月曜日Getsuyoubi [Senin] : CatHar [Catatan Harian]
--> Para anggota bisa menulis apa aja, termasuk soal motivasi menulis, cerita di balik pembuatan novel, cerpen, atau karya sastra lainnya.

火曜日Kayoubi [Selasa] : Sharing Day
---> Hari Selasa bisa dijadikan momentum untuk berbagi, termasuk konsultasi novel dan cerita tentang apa aja, tidak selalu menyangkut tema kepenulisan. Saya lebih sering membaca setiap postingan yang masuk dan menanggapi komentar apabila diperlukan. Di grup ini juga seru-seruan, deh, pokoknya. Kalau ada yang menang lomba, kami bisa happy dan bersyukur. Begitu juga sebaliknya, jika belum beruntung jadi bahan instropeksi bersama.

水曜日Suiyoubi [Rabu] : Blog Activity
---> Postingan yang berhubungan dengan aktivitas blog anggota. Kali ini grup BAW mulai merambat ke dunia luar jaringan sosial melalui media blog. Alhamdulillah, blog grup BAW terbit sejak Januari 2013 lalu. Setiap anggota jadi bersemangat untuk membuat blog dengan tujuan membuka wadah tulisan masing-masing. Setelah saya tereliminasi kemudian masuk kembali ke grup BAW  saya diamanahi tugas yang tak mudah, yakni menjadi admin di blog BAW. Saya dan Bunda Anik Nuraeni membantu mbak Leyla Hana dalam memanajemen blog, mengatur desain dan jenis postingan.  Peran saya di sini masih kurang optimal karena tidak selalu update postingan blog setiap hari dengan alasan berbagai macam kesibukan. Postingan yang masuk berasal dari hasil copas tulisan masing-masing anggota untuk di-share ke blog. Blog ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu mohon masukkan dari para pembaca untuk membuat blog lebih baik lagi.

木曜日Mokuyoubi [Kamis] : Promo Day
---> Yap, bagi anggota yang melahirkan buku baru bisa eksis di hari kamis. Tak sekedar promo buku, di BAW juga ada program lelang buku untuk mengumpulkan dana kemanusiaan. Promo yang lain juga diperbolehkan, termasuk info-info lomba kepenulisan yang ada.

金曜日Kinyoubi [Jum’at] : Review Day
---> Hari yang paling saya tunggu. Di hari ini saya bisa membaca setiap postingan resensi tentang buku, novel, maupun film yang ciamik. Informasi tentang bahan bacaan ataupun film inspiratif semakin bertambah. Di sisi lain, saya juga melatih kemampuan tulisan resensi saya. Saya semakin bersemangat untuk berkarya tatkala mereview tulisan/ hasil karya anggota BAW yang membuana.Di grup ini saya bisa berinteraksi dengan penulis-penulis beken seperti Afifah Afra, Ade AnitaRiawani Elyta, Elita DuatnofaEni Martini, dan Shabrina WS. Mereka bermurah hati dalam membagikan ilmu kepenulisan kepada kami yang masih ‘newbie’ dalam dunia kepenulisan. Aih, rasanya senang sekali berhubungan dengan para ‘mentor’ atau ‘sensei’ yang motivatif.

土曜日Doyoubi [Sabtu] : Bussines Day
Ah, hari weekend bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang mau membagikan info bisnis. Oh ya, grup BAW ini terdiri dari segala usia dan status dengan mayoritas anggota adalah wanita. Ada yang sudah menikah maupun masih single. Berbagai macam background perkerjaan, mulai dari pelajar/ mahasiswa, IRT, pegawai negeri ataupun swasta ada di sini, lho. Kesibukan aktivitas masing-masing tak menjadi penghalang untuk membangun komunikasi.

日曜日Nichiyoubi [Minggu] : Free Day
Karena Minggu adalah hari libur, maka boleh bebas posting apa saja di hari ini. Siip, semangat menulis masih tetap lestari, kan? Susunan agenda tak selalu berjalan rapi sesuai jadwal. Kadang ada yang menulis postingan review di hari Minggu, ataupun postingan Cathar di hari Sabtu. Asal bisa terus eksis di tengah kesibukan dengan menengok sebentar aktivitas warga BAW meski hanya sejenak.

Nikmat kesempatan menulis memang sangat berharga saat dilanda kesibukan. Ah, hal itu tak semestinya menjadi penghalang bagi seorang penulis yang cakap dan cerdas dalam mengambil setiap kesempatan di tengah kesibukan. Tak hanya diperlukan manajemen waktu yang terampil tetapi juga niat yang tulus dalam menulis. Hadist riwayat Bukhari, “Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Rasulullah bersabda: ‘Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang (kesempatan)’”. Dalam hadist ini saya berpikir, bahwa semakin banyak seseorang melewatkan kesempatan dan melupakan nikmat dari Tuhan, maka semakin rugi orang tersebut.
‘Hidup adalah kesempatan pertama dan terakhir yang tak boleh disia-siakan. Menulis adalah satu cara mendokumentasi kehidupan dengan baik.’ [Renungan saya usai posting tulisan Give Away BAW]
Founder dan Mentor BAW
Personel BAW tersebar luas ke seluruh nusantara hingga ke mancanegara. Sebagian besar di Pulau Jawa, ada juga di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan sisanya di Malaysia, Thailand, Timur Tengah sampai ke Rusia. Inilah kesempatan saya untuk bertemu dengan teman-teman penulis BAW di dunia nyata, meski belum kopi darat dengan teman BAW seluruhnya :)

Kopdar bareng Mentor Afifah Afra
Acara 'Writerpreneurship' di Undip (Nov' 2012)


Acara bedah buku '101 bisnis online' (Feb'2013)
bersama dua personel BAW:
mbak Dian Nafi dan Wuri Nugraheni
*Semoga kesempatan lain bisa bertemu dengan soulmate saya di BAW, yaitu mbak Yun W.

Pengen kenal lebih dekat dengan BAW? Ikutan Give Away BAW juga, yuk... Banyak hadiah ciamik menjemput Anda..! Info selengkapnya: http://bawindonesia.blogspot.com/2013/03/give-away-baw-20-maret-20-april-2013.html
Follow us: @bawindonesia

http://bawindonesia.blogspot.com/2013/03/give-away-baw-20-maret-20-april-2013.html
Ingat, masih dua hari lagi tersisa untuk mengikuti GA ini.. :D

An Maharani Bluepen
Insya Alloh, Ingin lebih dekat dengan BAW.. :)
18 April 2013 M

Read Users' Comments (22)

22 Response to "Kesempatan Kedua di BAW"

  1. Omah Buku, on 18 April 2013 23.34 said:

    keeren semoga semakin melaju

  2. Eddelweiss - Naqiyyah Syam, on 19 April 2013 02.27 said:

    wow, melejat bersama BAW

  3. Catatan Harian Irfan, on 19 April 2013 04.13 said:

    Personel BAW tersebar luas ke seluruh nusantara hingga ke mancanegara
    wah luar biasa yah :). Niche blog

  4. riawani elyta, on 19 April 2013 07.24 said:

    Ada bahasa jepangnya :-) trims udah jadi admin blog BAW, aq memimpikannya sejak BAW msh baru berdiri, Alhamdulillah skrg terwujud:-)

  5. muhammad ridwan, on 19 April 2013 08.40 said:

    salam sukses untuk semua anggotanya. semoga sukses juga untuk give away-nya ini...

  6. Yun W, on 19 April 2013 10.53 said:

    @+@
    kapan kita ketemu ???
    kita masih punya utang 'duet' itu yah???
    Nice Beib.. Miss Sekretaris yang rajin mengingat kesibukanmu, jadi pingin belajar juga manajemen waktunya nih ^_^

  7. dwi rahmawati, on 19 April 2013 11.44 said:

    thanks for being admin baw yg rajin ya an.sukses selalu buat aan dan baw

  8. Linda Satibi, on 19 April 2013 12.15 said:

    Aku ikut bertrimakasih jg krn dirimu dah berkenan menjadi admin blog BAW. Doomo Arigatoo Gozaimashita.

    anata no nooto wa sugoi ne.. :)

  9. Arga Litha, on 19 April 2013 23.15 said:

    postingan yang keren >.<
    aku jadi pengen gabung di BaW, tapi gak PeDe :p

  10. BaW, on 20 April 2013 07.52 said:

    Terima kasih atas tulisan GA BAW, Ania.. suksess selalu :D

  11. Esti Sulistyawan, on 20 April 2013 20.55 said:

    Ish, tulisan keren begini kok jarang apdet to :P

  12. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.08 said:

    terima kasih atas dukungannya, Omah Buku :D

  13. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.09 said:

    mbak Naqiyyah..... senang rasanya bertemu dengan mbak di grup BAW ini... :D

  14. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.09 said:

    iyaa.. tapi saya belum pernah ikut kopdar nasional..
    terima kasih sudah berkunjung, mas Irfan :D

  15. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.10 said:

    sami-sami, mbak Riawani Elyta.. with my pleasure.. ada banyak hikmah/ pelajaran yang bisa dipetik saat menjadi admin.. #banyak ilmu dan lebih mengenal dekat dengan teman-teman penulis :D

  16. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.11 said:

    terima kasih mas Ridwan..... :D senang juga bisa bergabung di bloofers

  17. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.13 said:

    haha.. tulisan yang belum terealisasi..
    *sulit menggabungkan dua ide berlainan di antara kesibukan, mbakyuuu....

    semoga ke depannya jadi lebih semangat!

  18. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.14 said:

    kembali kasiih, mbak Dwi Rahmawati.
    Salam kenal, yaaaaaaaa ^_^

  19. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.16 said:

    wah, An harus belajar bahasa Jepang dari mbak Linda juga, nii.. #ajarin biar lancar, ya, mbak ^_^

    benkyo shimashou..

  20. An Maharani Bluepen, on 23 April 2013 22.17 said:

    keren dari Jepang, mbak?
    Hehehehehehehe..
    *masih dalam tahap belajar, mbak.. belum begitu lancar ekspresi nulisnyaa..

  21. Leyla Hana Menulis, on 25 April 2013 04.24 said:

    Renungannya mantaaap. Makasih An :-)

  22. An Maharani Bluepen, on 27 April 2013 22.08 said:

    sami-sami, mbak Leyla.. terima kasih udah memberikan kesempatan kedua untuk bergabung ke grup BAW :D

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver