Kopi-RAM [5]


[KO]lom ins[PI]rasi [RAM]adhan
Ep.5: 13 - 15 Ramadhan 1433 H

Tetap Kuat, meski Berpuasa

doc.Viva News

Puasa tak menjadi penghalang bagi atlet Indonesia untuk berprestasi, Sob.. Kedua atlet angkat besi kita, Eko Yuli Irawan dan Triyatno berhasil mempersembahkan medali perunggu dan perak untuk Indonesia pada ajang Olimpiade di London 2012. Eko Yuli menjadi penyumbang medali pertama (perunggu) bagi Indonesia saat tampil di Olympic Park, Senin, 30 Juli 2012 atau Selasa dini hari WIB dengan total angkatan seberat 317 kg.  Tak mudah bagi Eko untuk mendapatkan angkatan terbaiknya pada pertandingan ini. Pasalnya, lifter kelahiran 24 Juli 1989 itu sedang mengalami cedera pada tulang kering. Eko harus melawan rasa sakit saat dirinya melakukan angkatan clean & jerk terakhir. Pada hari selanjutnya, medali perak dipersembahkan oleh Triyatno dengan total barbel seberat 333 kgSubhanallah, yaa... 


sumber berita bisa baca di sini: berita 1 , berita 2


Resepnya apa, ya, biar kuat meski sedang berpuasa? Yap. Teringat pada tausiyah di TV minggu lalu, Ustadz Abu Sungkan menerangkan bahwa perlu ada niat yang kuat dan sugesti penuh semangat agar kita selalu kuat ketika berpuasa. Maka dari itu, kita puasakan jiwa dan raga agar senantiasa semangat menjalankan aktivitas saat puasa.


Ada empat kebiasaan buruk yang perlu dihindari saat berpuasa untuk menjaga stamina, antara lain:

1. Banyak makan manis saat sahur
Makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

2. Langsung tidur sehabis sahur 
Setelah makan, makanan akan disimpan di lambung. Jika langsung tidur sehabis sahur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Setidaknya beri jeda antara 1-2 jam. Kondisi ini disebut refluks esofagus. Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah ke kerongkongan dan membawa asam lambung. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, membuat mual, mulas dan ingin muntah. Ini akan semakin parah pada penderita maag.
3. Buka puasa pakai gorengan 
Gorengan membawa efek yang tidak baik untuk saluran tenggorokan dan pencernaan, terutama bagi orang yang seharian mengosongkan perut. Makanan yang tinggi lemak seperti gorengan akan membuat orang rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung. Hal ini tidak baik untuk orang yang baru berbuka puasa. Karena setelah 14 jam lambung kosong, tubuh butuh nutrisi yang cukup, tapi dengan adanya lemak tubuh akan merasa sudah kenyang dan akhirnya penyerapan nutrisi pun terhambat.

4. 'Balas dendam' saat buka puasa  
Puasa sebenarnya bagus sekali untuk kesehatan tubuh, sepanjang orang mau membatasi pola makannya. Banyak sekali kecenderungan orang makan tidak terkontrol pada bulan puasa, terutama pada saat buka puasa.
Sumber: detikHealth, Senin (23/7/2012)
**
Tetap Kuat, meski Berpuasa

Menurutmu, orang apa yang paling kuat, Sobat? Tentu, orang yang paling kuat menurut Rasulullah SAW adalah orang yang dapat mengendalikan amarahnya (baca: emosinya). Orang yang kuat jiwanya pastilah kuat fisiknya juga. So, jadikan puasa sebagai sarana untuk menguatkan hati, jiwa, dan raga agar senantiasa mendapatkan kekuatan, kesehatan, dan hal yang penting adalah ketakwaan kepada-Nya.

Barakallah fii kum, para atlet Indonesia yang berprestasi dalam bulan suci ini..
Semoga hal ini selalu menjadi pemicu semangat bagi generasi muda untuk selalu semangat dalam berpuasa, mempersembahkan prestasi terbaik di bulan mulia ini. :)

An Maharani Bluepen
13 Ramadhan 1433 H






Read Users' Comments (2)

2 Response to "Kopi-RAM [5]"

  1. Unknown, on 2 Agustus 2012 pukul 07.16 said:

    tips yang bermanfaat... tetap semangat berpuasa... salam kenal... :)

  2. An, on 2 Agustus 2012 pukul 07.20 said:

    sami-sami, mbak Maria..
    salam ta'aruf, yaa... ^____^

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver