Kopi-RAM [4] Edisi Muslimah


[KO]lom ins[PI]rasi [RAM]adhan
Ep.4: Ikan Bakar Spesial Ramadhan


Semangat pagii...
Masih semangat Ramadhan, kan...ihiir...Ayo, baca hamdalah..Segala puji bagi-Mu, ya Rabbi.. :) Akhir pekan ini begitu menyenangkan, karena bisa meluangkan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman dekat (sahabat SEMANGAT PAGI) dalam agenda:

Ikan Bakar Spesial RAMADHAN

doc.An


Wah, tahan dulu dari godaan, yaa.. Posting pagi-pagi udah mengeluarkan bau yang sedap, nii..

Sebagai muslimah, sebenarnya kita ga selalu dituntut untuk bisa memasak tetapi harus memiliki kebiasaan memasak sebagai bekal dalam bahtera Rumah Tangga nanti. Salah satu point yang bisa menyenangkan para suami adalah mencicipi masakan isterinya dengan penuh cinta. Entah mengenai soal rasa, biasanya mereka (para suami) selalu memuji masakan isterinya walau rasanya masih kurang mantap. Hal ini untuk menjaga perasaan isteri agar tak larut dalam kekecewaan karena sudah menyiapkan masakan terbaik untuknya. 

So, kita tak perlu membuat suami berpura-pura dalam mengekspresikan perasaannya. Dalam hal ini, kita bisa membuat menu masakan yang lezat, enak plus bergizi tinggi. Haha..kayak udah berumah tangga saja. Tapi bener juga, loh, Sob..Suami akan betah di rumah tatkala sang isteri bisa menyediakan hidangan terbaik untuknya..Ada catatan penting di sini; memasak bukan berarti kewajiban yang harus dipaksakan, tapi merupakan sarana untuk mencintai suami dengan sepenuh hati. Apalagi kalo masakannya menandingi masakan ibunda suami..Insya Alloh,  bisa menambah kebahagiaan keluarga SAMARA.

Ok. Bersambung ke menu Ikan Bakar Spesial Ramadhan, ya. Sebuah menu buka puasa yang menarik, meski mengandung karsigonik. Jika cuma sekali-kali mencoba dan mencicipi tak apalah untuk membuat lidah bergoyang dan tersenyum puas bakda puasa.


doc.An
bawangnya lupa An foto, hehe
Alat dan bahan yang diperlukan sangat mudah dicari, Sob. Berikut listnya..
Alat:
-Panci penggorengan
-Susruk
-Pisau
-Baskom cuci
-Muntu dan coek (bahasa Indonesianya apa, ya)
-Set alat pembakar
-Piring, sendok, garpu, etc

Bahan:
-Ikan segar; nila, bawal, munjahir..hasil pemancingan sendiri juga bisa, Sob..tapi kemarin kami memakai ikan pasar, hehehe..Kemarin belinya dua kilogram. Alhamdulillah, bisa untuk dua porsi (1 porsi untuk 6 orang).
-Bumbu dihaluskan: 7 siung bawang merah, 9 siung bawang putih, 2 jahe, 3 ketumbar, 8 butir kemiri, 1 serai, 1 salam, garam secukupnya. Kalau mau pedes, bisa ditambah dengan 3 cabe merah, Sob.
-Bumbu olesan: Jeruk nipis, kecap manis, margarin secukupnya.
-Sambal tomat: 5 cabe merah, 2 cabe setan, garam, 3 bawang merah, 2 bawang putih, 3 tomat merah, 2 terasi matang.
-Minyak goreng untuk menumis bumbu dan menggoreng ikan.

doc.An

Metode:
1. Siapkan alat dan bahan yang bersih alias udah dicuci, ya, Sob.
2. Oleskan ikan dengan bumbu sebelum digoreng; 2 siwung bawang putih dan air jeruk nipis.
3. Goreng ikan sebelum dibakar.
3. Tumis bumbu yang dihaluskan (baca point bahan) hingga harum dan matang, tambahkan kira-kira 150 ml air.
4. Angkat, lalu olesi ikan goreng dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis tadi, Sob.
5. Siapkan alat pembakaran. Trus, bakar ikan dengan api kecil biar ga terlalu gosong. Kalau kemarin kami memakai alat bakar praktis yang bisa diletakkan di atas kompor.
6. Oleskan ikan dengan mentega dan kecap manis secukupnya hingga harum dan merata.
7. Jika bakarnya sudah dirasa matang, angkat dan sajikan bersama sambal tomat. Sambal tomatnya bisa digoreng atau dalam bentuk mentah. Cara pembuatannya; goreng bumbu sambal sebelum dihaluskan.
Ikan Bakar Spesial Ramadhan tanpa lalapan :D

Alhamdulillah, waktu memasak terselesaikan sekitar dua jam. Karena menggoreng ikan ternyata memang butuh kesabaran, Sob. Menu pendukung buka puasa lainnya adalah kolak pisang nangka, serta tumis cah kangkung. Alhamdulillah, semua hasil masakan kami sangat memuaskan, Sob..Kata Ibu An, rasanya t.o.p banget-lah. An yang tak terbiasa memasak mulai menggemari aktivitas yang menyenangkan ini. Hehehe..

Makasii banyak atas ilmu memasak hari ini, Sahabat SAHABAT PAGII…
Kapan-kapan kita masak bersama lagi, yaaa….

Dengan cinta,
An Maharani Bluepen
9 Ramadhan 1433 H 

Read Users' Comments (4)

4 Response to "Kopi-RAM [4] Edisi Muslimah"

  1. diniehz, on 29 Juli 2012 20.29 said:

    asiik, dapet resep :D

    syukron An..

  2. dAnonim™, on 31 Juli 2012 10.21 said:

    mau... :)

  3. An, on 31 Juli 2012 11.46 said:

    wa iyyaki, mbak..silakan dicoba resepnya, yaa..^____^

  4. An, on 31 Juli 2012 11.53 said:

    :D
    satu porsi dapet harga berapa, yaa..haha

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver