more about "Cita-cita dan Tujuan Hidup


Cita-cita dan Tujuan Hidup

Setiap orang pasti memiliki harapan dan cita-cita dalam hidupnya..namun belum tentu dia mengetahui tujuan hidupnya selama ini..humph..perlukah kita mengetahui tujuan hidup? Trus, apakah perbedaan antara cita-cita dan tujuan hidup itu?

Saat book fair Semarang bulan pahlawan tahun 1430 H, aN tidak sengaja menemukan kembali sebuah buku motivasi yang dulunya merupakan hadiah pemberian kepada seorang pembicara dalam acara ilmiah kampus. Buku mungil tersebut berjudul CITA-CITA..Sungguh, judul buku yang sangat singkat namun padat inspiratif. Dalam buah karya M.Iqbal Dawami ini terdapat intisari perbedaan antara cita-cita dan tujuan hidup seseorang.



Cita-cita
Barangkali salah satu yang dapat membuat hidup bergairah adalah karena adanya cita-cita. Namun cita-cita hanyalah menjadi angan-angan belaka jika tanpa ada usaha untuk merealisasikannya. Oleh karena itu cita-cita harus disertai dengan keteguhan hati untuk mencapainya. Cita-cita yang luhur harus menjunjung tinggi nilai hidup manusia dan kebahagiaan orang lain. Cita-cita juga harus mengangkat derajat orang-orang yang tertindas dan menyemangati orang yang berkecil hati.

Yap! Dalam membuat cita-cita ideal kita tidak hanya memikirkan hasil untuk diri sendiri namun cita-cita tersebut harus menemukan kebutuhan besar umat manusia. Temukanlah jawaban untuk memenuhinya dan jangan ragu untuk menjawab kebutuhan itu dengan melayani mereka yang membutuhkan. Oleh karena itu dalam membangun cita-cita harus universal dan sepenuh hati.

Percaya atau tidak, impian yang terus-menerus dihidupi akan menjadi kenyataan. Impian atau cita-cita itu ibarat tanaman. Tanaman itu akan tumbuh terus hingga mencapai buahnya jika kita menyiramnya dan memupuknya dengan rutin. Hal ini berlaku pula dengan impian alias cita-cita.

Tujuan hidup
Salah satu kunci sukses Anda adalah menentukan tujuan. Ada perbedaan antara tujuan dan cita-cita. Cita-cita itu berdimensi jangka panjang. Ketika Anda mencoba meraihnya, cita-cita masih jauh di depan Anda. Tujuan mungkin juga berdimensi jangka panjang namun tujuan ditentukan secara lebih jelas.
Perhatikanlah tiga hal mengenai tujuan:
Tujuan bersifat konkret, langkah-langkah nyata yang dapat dikerjakan
Tujuan dapat diukur sehingga kita bisa melihat kemajuan kita.
Tujuan berhubungan dengan masa tertentu, yakni target yang terikat dengan waktu. Tujuan merupakan sesuatu yang hendak kita kerjakan menurut perencanaan waktu kita untuk mencapai sasaran. Sedangkan sasaran mungkin dicapai dalam waktu tertentu kemudian hari.

Di atas segalanya, tentukanlah apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan dalam hidup. Mulai dari sekarang tentukan tujuan Anda. Gambarkanlah secara nyata, Anda ingin menjadi orang seperti apa dan bagaimana nantinya.

Yap..selamat berimajinasi dan berenang dalam lautan mimpi..

Ditulis saat pergantian senja, 26 Dzulqaedah 1430 H.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "more about "Cita-cita dan Tujuan Hidup"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver