Mal praktik Bisa Terjadi di Dunia Pendidikan

Dalam edisi spesial kali ini an menemukan artikel asyik tentang dunia pendidikan. Lama tak bersua....Apa kabar dunia pendidikan Indonesia? Yuuk..kita amati kondisinya..

JAKARTA--Malapraktik ternyata tak hanya terjadi di dunia kedokteran. Di dunia pendidikan, kasus malapraktik pun banyak ditemukan terutama pada kelas pemula di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD), yakni kelas 1, 2 dan 3.

”Siswa malas belajar, menjadi pasif, dan takut terhadap jenis mata pelajaran tertentu, serta prestasi siswa tidak optimal, ini bisa jadi indikasi malapraktik. Padahal, saat di TK siswa-siswa itu kreatif,” ujar Kepala Sub Direktorat Program Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas, Abi Sujak, dalam siaran persnya, Rabu (2/9).
Menurut Abi, indikasi demikian banyak ditemukan pada anak didik. Namun tidak banyak guru yang menyadari bahwa apa yang terjadi pada siswa tersebut sebenarnya merupakan bentuk malapraktik pendidikan. Malapraktik ini, lanjut dia, terjadi akibat beberapa hal. ''Di antaranya guru kurang memahami latar belakang dan bakat siswa serta perbedaan budaya antara guru dengan lingkungan sekolah,'' jelasnya.

Untuk menyelamatkan siswa dari malapraktik ini, Depdiknas bakal menerapkan program induksi bagi guru pemula. Program induksi adalah semacam orientasi bagi guru pemula untuk mengenal dan memahami tugas-tugasnya sebagai pendidik, dengan mengedepankan pengenalan lingkungan dan siswa yang akan dihadapi.

Program yang akan diterapkan selama setahun tersebut bakal melibatkan kepala sekolah maupun guru senior untuk menjadi mentor saat guru pemula melakukan tugas pengajaran di kelas. ”Jika dalam evaluasi ternyata guru yang bersangkutan tidak layak mengajar, maka ia tidak bisa dipaksakan menjadi guru. Ia bisa saja dialihkan ke tugas lain seperti administrasi atau petugas perpustakaan,'' cetusnya.

Program induksi ini, diakui Abi, untuk sementara hanya diberlakukan pada guru-guru pemula. Pertimbangannya, selain keterbatasan dana, umumnya guru pemula belum banyak mengenal lapangan.

Namun, belum bisa dipastikan kapan program induksi ini bakal diterapkan mengingat payung hukumnya belum ada. Namun Depdiknas sendiri sudah menerapkan program ini pada enam kabupaten percontohan yakni Sumedang, Bantul, Pasuruan, Padang, Banjarbaru, dan Minahasa Utara.

Sementara itu, dari data Depdiknas untuk tiga tahun ke depan bakal ada ribuan guru pemula. Menurut Edy Rahmat Widodo, dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada 2012 nanti terdapat 222 ribu guru yang pensiun, lalu 10 tahun ke depan 470 ribu guru pensiun, dan 15 tahun ke depan 890 ribu guru pensiun.
Edy mengingatkan, 15 tahun ke depan--jika 890 ribu guru pensiun--akan ada sekitar 26,7 juta murid yang akan diajar guru-guru baru. ”Terhadap guru-guru pemula inilah kami akan setting program induksi,” tandasnya. Eye

http://www.republika.co.id/berita/73524/Malapraktik_Bisa_Terjadi_di_Dunia_Pendidikan
Diakses pada tanggal 31 Oktober 2009.

---masih inget klo pas SD tuh sistem pengajarannya semi otoriter (cara mengajarnya masih tradisional gtu..jika siswa ga patuh ma omongan guru bisa2 kena marah deh..pokoknya super disiplin..) Tp aneh, an enjoy menikmati semua itu dan berhasil dapat juara kelas..hal ini memacu an untuk belajar lebih keras untuk mendapatkan SMP dan SMA favorit..ketika sudah berada dalam komunitas pendidikan yang lebih baik (SMP sudah mulai berubah, SMA sudah menerapkan sistem KBK) an merasakan sesuatu yang berbeda. Yap! Kedisiplinan sudah mulai longgar.. para siswa bebas berekspresi mengeluarkan pendapatnya..namun hal ini membuat siswa lebih aktif dan sistem pengajarannya lebih terbuka.

Ketika berada perguruan tinggi? Wah, klo hal ini jangan ditanyakan lagi..kondisinya benar2 menerapkan pendidikan andragogy (penerapan sistem pendidikan orang dewasa)..mulai dari kegiatan PBL 1 (Praktik Belajar Lapangan) , sampai SCL (Student Center Learning) yang menerapkan PBL 2 (Problem Based Learning) dalam Sistem Blok. Yaah..pokoknya sistemnya membuat para mahasiswa lebih menekankan pemahaman konsep, bukan sekedar hafalan,.dan tentunya membuat mahasiswa super aktif. Percaya deh..

=) 031109

Baca artikel lainnya di halaman blog saya:

www.aniamaharani.multiply.com
www.mentoringfamily.blogspot.com

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Mal praktik Bisa Terjadi di Dunia Pendidikan"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver