Mengenal lebih dekat dengan KANKER

Mengenal lebih dekat dengan KANKER
Sepintas mendengar kata KANKER sedikit ngeri memang..sebuah penyakit kronis yang berefek negatif bagi tubuh..Jelaslah bahaya kanker yang bisa menyebabkan kematian..termasuk yang dialami Ayah An..beliau meninggal karena menderita penyakit KANKER USUS...

Hyumph..Anyway on the busway...ada artikel menarik tentang KANKER yang An ambil dalam buku “POLA MAKAN RASULULLAH” buah karya Prof.Dr.Abdul Basith Muhammad as-Sayyid. Berikut uraiannya...

Dalam bahasa yang sederhana, penyakit kanker disebabkan adanya benjolan di tubuh. Atau dengan kata lain, tumbuhnya sel yang terus berkembang secara tidak alami yang menjadi racun bagi tubuh.
Sulit sekali untuk mengetahui terjadinya kanker pada fase awal. Yang mungkin diketahui adalah beberapa penyebab timbulnya kanker dan mengenal berbagai jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Dengan demikian seseorang bisa melakukan tindakan antisipasi terjadinya serangan kanker, setidaknya jika penyakit ini masih tersembunyi dan sifatnya masih berbentuk gejala, dia dapat memperlambat pertumbuhannya. (seperti konsep PREVENTIF FKM, ya...)

SARAN DAN PENDAPAT PARA AHLI
Satu
Menjauhi makanan yang dibakar bara atau digoreng....
Asap yang berasal dari pembakaran arang dan kayu serta asap rokok sebenarnya mengandung zat hidrokarbon yang bisa menimbulkan kanker. Zaman era teknologi ini sangat mudah terkena pembakaran2 sampah, arang, atau asap rokok atau sering mengonsumsi makanan yang dibakar di atas arang seperti sate..(ayo, siapa yang doyan sate?). Padahal dalam makanan itu sangat mungkin terserap molekul-molekul dari asap tersebut dan selanjutnya mencemari makanan.
Tips: hindari makanan yang dilumuri lemak, apalagi menyediakan makanan yang disajikan dengan cara dibakar atau digoreng. Trus hindari memanaskan minyak dengan derajat yang sangat tinggi saat menggoreng makanan, khususnya dengan mengganti minyak yang telah digunakan.

Dua
Menghindari makanan yang dimasak berulang kali......
Menurut penelitian, makanan yang dimasak berulang kali dapat mengeluarkan zat-zat yang dapat memicu terjadinya kanker sekaligus dapat menghilangkan gizinya atau bahkan dapat memunculkan zat-zat kompleks yang dapat membahayakan tubuh.

Tiga
Mulailah dengan memakan kubis, brokoli, kale, mahsyi, bawang putih anggur dan zabadi.. senyawa antioksidan
Beberapa jenis sayuran daun mengandung zat yang dapat mencegah kanker yang disebut indoles. Zat ini secara khusus terkosentrasi dalam kubis/ kol dan brokoli/ kembang kol. Para ahli berpendapat bahwa kubis dianggap sebagai makanan yang paling baik untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Kale (kangkung) mengandung banyak serat. Sebagian ahli beranggapan bahwa serat dapat mencegah kanker payudara dengan cara menekan kadar hormon ESTROGEN. Karena kelebihan hormon ini justru menyebabkan mamae cancer.

Mahsyi = makanan khas Mesir; nasi dibungkus dengan kol dalam bentuk bulat kemudian dikukus  dianggap dapat mencegah kanker.

Bawang putih dapat mencegah kanker lambung,lo...selain itu dapat pula menambah imunitas tubuh dan dapat melakukan konsentrasi pada sel yang terkena infeksi sel-sel kanker yang disebut dengan macrophages dan lymphocytes...(ada yg suka maem garlic ?)

ANGGur..dalam buah ini terdapat satu zat yang bisa membersihkan darah dan menghilangkan gangguan yang datang secara tiba-tiba seperti tumbuhnya jaringan-jaringan dalam tubuh. Oleh karena itu bukan suatu hal yang aneh ketika kita menemukan klinik2 kesehatan khususnya di Eropa Tengah yang melakukan terapi dengan mengonsumsi anggur. Dan Jerman (bukan Jejer kauMan,lho) dianggap sebagai negara yang sangat memperhatikan masalah ini.

Zabadi = makanan khas Arab, semacam susu yang diasamkan atau fermentasi susu (yoghurt)  para peneliti menemukan bahwa mikroba dalam susu ini memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan kanker sebagaimana terlihat pada sejumlah kelinci percobaan.

Mungkin sampai di sini dulu,yaa..kapan2 aN sambung lagi...masih banyak kok makanan yang mengandung ANTIOKSIDAN (Vit. A, C, E)...Okay,.tetap sehat dan semangat (slogan mas bim)..
=) Saturday, September 26th 2009

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Mengenal lebih dekat dengan KANKER"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver