FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI, KETERSEDIAAN DAN PRODUKSI PANGAN

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di luar diri host baik benda mati, benda hidup, nyata atau abstrak, seperti suasana yang terbentuk akibat interaksi semua elemen-elemen termasuk host yang lain (Soemirat, 2005). Bengoa mengungkapkan bahwa malnutrisi merupakan masalah ekologi sebagai hasil interaksi beberapa faktor fisik, biologis, dan lingkungan budaya. Jumlah makanan yang tersedia sangat tergantung dari keadaan ekologi seperti iklim, tanah, irigasi dan lain-lain. Di samping itu, budaya juga berpengaruh seperti kebiasaan memasak, prioritas makanan dalam keluarga, distribusi dan pantangan makan bagi golongan rawan gizi (Supariasa, 2002).
Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi persediaan pangan dan asupan gizi seseorang adalah lingkungan fisik, biologis, budaya, sosial, ekonomi, dan politik (Achmadi, 2009). Pertama, kondisi fisik yang dapat mempengaruhi terhadap status pangan dan gizi suatu daerah adalah cuaca, iklim, kondisi tanah, sistem bercocok tanam, dan kesehatan lingkungan (Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 2005). Kedua, faktor lingkungan biologi misalnya adanya rekayasa genetika terhadap tanaman dan produk pangan. Kondisi ini berpengaruh terhadap pangan dan gizi. Selain itu adanya interaksi sinergis antara malnutrisi dengan penyakit infeksi yaitu infeksi akan mempengaruhi status gizi dan mempercepat malnutrisi (Anonim, 2009). Ketiga, lingkungan ekonomi. Kondisi ekonomi seseorang sangat menentukan dalam penyediaan pangan dan kualitas gizi. Apabila tingkat perekonomian seseorang baik maka status gizinya akan baik. Golongan ekonomi yang rendah lebih banyak menderita gizi kurang dibandingkan golongan menengah ke atas. Keempat, faktor lingkungan budaya. Dalam hal sikap terhadap makanan, masih banyak terdapat pantangan, takhayul, tabu dalam masyarakat yang menyebabkan konsumsi makanan menjadi rendah. Di samping itu jarak kelahiran anak yang terlalu dekat dan jumlah anak yang terlalu banyak akan mempengaruhi asupan zat gizi dalam keluarga. Kelima, lingkungan sosial. Kondisi lingkungan sosial berkaitan dengan kondisi ekonomi di suatu daerah dan menentukan pola konsumsi pangan dan gizi yang dilakukan oleh masyarakat. Misalnya kondisi sosial di pedesaan dan perkotaan yang memiliki pola konsumsi pangan dan gizi yang berbeda. Selain status gizi juga dipengaruhi oleh kepadatan penduduk, ketegangan dan tekanan sosial dalam masyarakat. Keenam, lingkungan politik. Ideologi politik suatu negara akan mempengaruhi kebijakan dalam hal produksi, distribusi, dan ketersediaan pangan (Supariasa, 2002).
Dengan demikian faktor lingkungan mempengaruhi persediaan pangan dan asupan zat-zat gizi. Pengukuran faktor ekologi dipandang sangat penting untuk mengetahui penyebab malnutrisi di suatu masyarakat sebagai dasar untuk melakukan program intervensi gizi (Supariasa, 2002).

Daftar pustaka:
Achmadi. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi. http://www.rajawana.com/component/content/article/32-health/334-2-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-status-gizi.pdf Diakses pada tanggal 28 Oktober 2009.
Anonim. 2009. Gizi dan Kesehatan Keluarga. http://pustaka.ut.ac.id/puslata/online.php?menu=bmpshort_detail2&ID=179 Diakses pada tanggal 28 Oktober 2009.
Departemen Gizi dan KesMasy. 2007. Gizi dan kesehatan Masyarakat. Jakarta: Grafindo.
Supariasa, et al. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Soemirat, Juli. 2005. Epidemiologi Lingkungan. Yogyakarta: GMU Press.

Read Users' Comments (1)comments

1 Response to "FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI, KETERSEDIAAN DAN PRODUKSI PANGAN"

  1. An Maharani Bluepen, on 24 Agustus 2011 12.03 said:

    mohon koreksi dari pembaca, jika tulisan tugas gizi saya ini terdapat kesalahan ^^

    An - mahasiswa FKM UNDIP, Angkatan 2007 -

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver