long vacation

l.o.n.g.v.a.c.a.t.i.o.n

Liburan semester 5 begitu istimewa di mataku. Betapa tidak? Seusai menempuh sistem blok yang sangat padat dan cukup melelahkan, kami mahasiswa FKM angkatan 2007 mendapatkan akhir perjuangan bahagia, yakni liburan semester yang sangat panjang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, sistem blok yang baru diterapkan pada semester 5 memberikan berkah tersendiri bagi angkatan kami. Liburan dua setengah bulan jika tidak dimanfaatkan secara bijak maka akan terasa sia-sia. Planning alias rencana-rencana matang telah dipersiapkan. Salah satu rencana yang sudah terlaksana adalah liburan panjang dengan keluarga ke Anyer, Jakarta dan Tangerang. Tak lengkap jika tanpa dengan kunjungan ke universitas Indonesia dan STAN. Haha..

Liburan bersama keluarga bertepatan dengan liburan natal dan tahun baru. Humm.. moment yang tepat untuk pergantian tahun. Bismillah. Tgl 24 Desember 09 menjadi titik awal perjalananku. Sendirian mengarungi perjalanan ke Jakarta dengan Fajar Utama. Riuh..bunyi putus-putus rel kereta membangunkan imajinasiku..menggugah semangatku..tersenyum lepas...membuka memori kota lamaku...jalur kereta yang terarah meninggalkan bayangan kota Semarang yang indah....selama perjalanan ternyata aku tidak sendiri, ada teman sebelahku dari mahasiswa Undip yang juga berkeinginan liburan ke rumah asalnya di Serang. Suasana kereta pada saat itu begitu padat. Maklum, iklim liburan mulai merambat sejak dua hari sebelum liburan natal. Tiket keretapun melonjak naik 30%. Namun hal itu tidak menjadi masalah,.keinginanku untuk berlibur ke Anyer mengalahkan semua itu, termasuk meninggalkan agenda terakhir tahunan yang sangat penting; reuni SMP, SMA, dan liburan ke Yogya bersama BEM KM Undip.

Alhamdulillah, tepat pukul tiga sore aku tiba di stasiun Senen. Sebuah stasiun klasik kedua setelah stasiun Gambir. Kali ini aku dijemput oleh kakak lelaki sepupu yang sudah lama tidak bertemu selama 2 tahun. Naik sepeda mio keliling Jakarta melihat pemandangan kontras kota. Humm..Wajah Jakarta cukup banyak yang berubah. Aku hampir tak mengenalnya. Kini, sebagian hutan kota yang ada tergantikan hutan beton yang berjejer megah di setiap sudut kota. Suasana padat merayap dari arah kedoya dan meruya hingga kawasan ciledug, daerah asalku berada. Yap..rupanya bertepatan dengan waktu pulang kerja.

Scenery of Anyer

Hamparan biru yang penuh pesona....pemandangan alam eksotik karena awan, buih ombak, batu karang, pasir putih, dan puncak gemilang sang krakatau.....subhanallah, goresan lukisan-Mu yang mengembang di lautan warna tinta yang indah....

Kakiku tersapu ombak kecil di bibir pantai...dingin namun sejuk menyelimuti...angin pantai menyibakku..membuatku merenung..bahwa keindahan suasana pantai sebagai saranaku untuk senantiasa bersyukur....yap..melepaskan segala kepenatan yang ada dengan bersyukur dan memuji asma-Nya....
Tgl.26 Desember mengingatkanku pada kejadian alam yang terjadi pada 5 tahun silam. Yap..gempa dan gelombang tsunami yang menyapu Aceh. Aku memikirkan jika gelombang tsunami itu menimpa pada saat kini ku berada. Tempat yang strategis untuk terjadinya gempa dan tsunami. Aku membayangkan jika pesona sang krakatau berubah menjadi amukan gempa vulkaniknya lalu terjadi gelombang tsunami yang dahsyat, melebihi bencana di Aceh. Humm..mungkin hal ini adalah imajinasi yang hiperbola, tapi semua kemungkinan bisa terjadi. Bencana dapat terjadi kapanpun dan di manapun dengan waktu dan kondisi yang tidak terduga.

Akemashite omedeto gozaimasu 2010 Masehi
Selamat tahun baru 2010 M,
Lembaran baru dengan spirit baru....

Detik-detik pergantian tahun 2009 menjadi momentum yang sangat berarti. Peralihan ini diakhiri oleh senja yang terlihat mendung. Tak lama kemudian rintik-rintik hujan membasahi bumi. Walaupun sesaat, hujan itu memberikan makna tersendiri. Memberikan kesempatan padaku untuk sejenak bermuhasabah. Humm..tak terasa begitu cepat masa berlalu. Aku pun tak sadar bahwa saat ini aku mengalami perubahan fase remaja menjadi dewasa. Saat ini aku berada dalam duapertiga masa kuliah, dan menjadi seorang bibi dari delapan keponakan. Selama tiga hari terakhir 2009, aku belajar memahami perjuangan seorang ibu yang membesarkan anaknya dengan susah payah, mendidiknya dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Walaupun sibuk sebagai wanita karir, kakak perempuanku menyempatkan diri untuk memberikan ASI kepada anaknya yang kedua dan tak lupa mencurahkan kasih sayangnya kepada anaknya yang pertama. Humm... ternyata menjadi seorang ibu itu tidaklah mudah...tahan banting terhadap kenakalan anak-anaknya, ikhlas dalam memberi apapun yang terbaik untuk anak-anaknya, dan senantiasa berdoa untuk masa depan anak-anaknya. Perjuangan ibu dari melahirkan sampai membesarkan anak adalah sebuah jasa yang tak ternilai harganya.

Pengalaman yang tak kalah menarik adalah kunjungan ke Universitas Indonesia dan STAN. Dan yang tak kalah serunya adalah wisata buku dan kuliner di Jakarta dan Tangerang. Untuk kedua pengalaman ini, aku tulis dalam episode selanjutnya, yaa...tentunya diakhiri dengan epilog cerita perjalanan long vacation yang menyenangkan.
=)
Kota lunpia
10012010

Read Users' Comments (0)

0 Response to "long vacation"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver