Lomba Menulis_Kisah Nyata Dunia Maya_Sahabat Dunia Maya


Sahabat Dunia Maya


“Mau pergi ke mana, Nia? Ke kampus lagi, ya? Liburan kayak gini kok masih betah ke kampus?” tanya ibuku penasaran.
“Iya, Bu. Habisnya di kampus ada fasilitas internet gratis, sih,“ jawabku sambil berpamitan kepada Ibu.
“Setiap hari kerjaannya internetan terus. Ga ada kerjaan laen yang bermanfaat, to?” saran Ibu.
“Bermanfaat, koq, Bu. Dengan fasilitas internet gratis, uang jajan Nia lebih hemat. Di samping itu, Nia jadi lebih sering nulis, Bu,” tanggapku.
“Ya sudah. Jangan pulang sore-sore, ya. Ibu masak enak hari ini.”
“Siap, Bu. Assalammu’alaikum.”
“Wa’alaikumsalam.”

Semenjak ada fasilitas wi-fi internet gratis di kampus, hobiku menulis di dunia maya semakin menggila. Sebelumnya, aku harus bersusah payah menganggarkan uang jajan untuk biaya internet di warnet. Paling tidak ku jadwalkan untuk mampir ke dunia maya minimal dua kali dalam seminggu. Hal yang paling mengenaskan adalah ketika uang jajanku habis sehingga tidak bisa menulis blog sesuka hati atau sekedar berkunjung ke situs jejaring sosial.

Zaman memang semakin canggih.Pada era globalisasi ini, semakin banyak orang yang berselancar ke dunia maya. Dari anak kecil yang ingusan sampai nenek kakek yang gaul pun sudah mengetahui fasilitas fb (baca saja: fesbuk). Ketertarikan mereka untuk memiliki account fb pun bermacam-macam. Ada yang ingin menjaring teman-teman, mencari jodoh, mencari keisengan, mengisi kesibukan di waktu luang atau merasakan sensasi yang berbeda di dunia maya. Bahkan, banyak pula yang terjerumus dalam arus gombalisasi sehingga terperangkap dalam aksi kriminalitas. Misalnya, penyalahgunaan foto profil di fb. Hati-hati, ya, kawan... Jangan sering menampakkan foto narsis di situs jaringan sosial ini. Banyak kasus pencemaran nama baik lewat foto-foto profil yang disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Kisahku di fb terasa manis, kawan. Di sana aku menemukan orang-orang super dan kuanggap sebagai sahabat sendiri. Prosesnya pun berlangsung cukup seru. Meskipun sebelumnya kami belum pernah ketemu, kami saling memahami sisi kepribadian masing-masing. Berikut ceritanya.

“Ohayoo. Lam kenal. Ni Bluepen siapa, ya?” ketikan tuts chat online fb tertera di layar monitorku. Ku baca nama pemilik account fb tersebut. Keizen Fahma Askavicenna. Nama yang cukup unik karena ada unsur Jepangnya. Sebelum ku jawab chatting darinya, ku lihat profil orang tersebut. Sepertinya baru satu orang mutual friend yang ku kenal. Kalau diliat-liat sih, orangnya cukup baik dari status wall postnya. Trus, ku lihat notes yang dimilikinya. Hmm. Ternyata, dia gemar menulis. Alamat blognya pun tertera di basic information. Aslinya dari Surakarta, anak Teknik UNS angkatan 2006. Tapi sayang, ku tak bisa melihat wajahnya di foto profil. Rupanya dia menyembunyikan wajah aslinya. Hehehe.. Jadi penasaran. Tapi tidak ada salahnya ketika mengenal orang yang memiliki kegemaran yang sama; suka berbau Jepang dan hobi menulis. Okelah, ku layani chatting darinya.

“Ohayoo. Doitashimashite. Ni bluepen temennya pensil, sista.

Ku tunggu reaksi darinya. Cukup lama hingga gorengan tempe mendoanku terlahap habis. Kubuka website blognya sambil menunggu reaksi darinya.

“Hahaha...lucu sekali kau ini. Pake nama pena, ya?” respon dari Keizen setelah 15 menit lamanya.

 “Hu’um. Kmu juga, kn?”

“Ga juga, ada nama asliku, koq. Owh, kamu anak Semarang,ya?” tanya Keizen lagi.

“Ga juga pula. Ku bukan anak Semarang tulen, asliku di Jakarta namun besar di Semarang, sista.”

“I see I see..Sip, deh, boleh ku panggil apa, ni?”

“An saja..Lebih simple dan enak didengar. Kalau panggilanmu, sist?” tanyaku balik.

“Panggil aja As. Lebih terdengar mirip denganmu, kn? Oke, An. Sering maen ke blogku,yaa. Kamu juga suka nulis, kn?”

“Ga juga, sih. Tergantung mood saja kalau maw nulis. Siip, deh, sist... Kapan-kapan ku maen ke blogmu kalo ada waktu luang, ya.”

“Makasih, cinta...”

“Cinta?”

“Hehehe..tenang saja, ku wanita tulen, koq...”

“Iya. Wanita tulen yang terlalu romantis.”

“=D”

Yap. Itulah sejarah singkat pertemuanku dengan sahabat di dunia maya. Seseorang yang mampu mengenali kondisiku apa adanya dan selalu memberikan semangat saat ku sedang jenuh. Bahkan, ku merasa lebih nyaman menceritakan masalah pribadaku kepadanya daripada sahabatku di dunia nyata. Ku menilai dia sebagai orang yang amanah sehingga buah kepercayaanku lebih besar kepadanya.

Melalui alur snowbolling (bola es salju), berkat dia, ku bisa mengenali orang-orang “aneh” di belahan dunia lain. Hehehe... Alhamdulilah banyak sahabat yang dapat kumiliki darinya. Dia beserta sahabat-sahabat yang dimilikinya, mengajarkanku tentang arti kehidupan dan makna persahabatan yang belum ku rasakan selama ini. Alhamdulillah, pada kesempatan lalu, Alloh memberikan waktu kepada kami untuk bertemu di dunia nyata.

Terima kasih untuk Keizen Fahma Askavicenna, yang telah membuka pikiranku untuk mengenal arti cinta sesungguhnya.

Terima kasih pula untuk Tea Shaffiyah, sahabat kedua dunia maya yang selalu mengingatkan dan memberikan semangat.

Tak lupa pula, terima kasih untuk Arashi Seizhou, yang telah memberikan makna-makna aneh dalam kosakata Jepang atau bahasa lain yang baru ku pahami.

Salam hangat dan terima kasih pula untuk Akhmad N.S, yang telah memberikan hikmah di sebuah cerita.

Terima kasih untuk sebuah ketulusan dari Afifah Amaly S, Nabila, dan Ibtisam Ahillah adik dari sahabat pertama dunia mayaku.

Hmm...terima kasih pula untuk Khanza Muthmainnah, sahabat dunia maya dari pondok Gontor yang bertemu kilat di Masjid Laweyan, Solo.

Untuk sahabat pena fb sejati, mas M. Iqbal Dawami, mbak Leyla Imtichanah, Norma Aisya, dan Etika Aisya. Terima kasih atas seluruh motivasi menulisnya (semakin berrsemangat menulis, nii..)

Tak hanya di fb saja, melalui jaringan Multiply ku bisa mendapatkan sahabat-sahabat dunia maya yang tak kalah hebatnya.
Terima kasih untuk mbak Eri Chandra dan Ayyesha Khaulah Nusaibah atas motivasi menulis dan pesan kebaikannyaa...Kapan, ya, kita bisa bertemu di dunia nyata? Kalau perlu, kita berkeliling wisata kuliner di Jakarta. Yapp....Tetap sehat..Tetap semangat...^^

Yap. Alangkah indahnya persahabatan karena berdasarkan cinta kepada-Nya. Sesuatu hal yang tak akan pupus dimakan waktu hingga usia kami telah senja. Semoga kami bisa berreuni dalam jannah-Nya dan termasuk kaum muttaqin yang senantiasa istiqomah di jalan kebaikan.

An Maharani Bluepen
Ditulis saat fajar menyingsing,
130611, 04.24
Semangat Pagiii...
Semangat berbagi pesan kebaikan...
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Lomba Menulis Kisah Nyata Dunia Maya

Bismillahirahmanirahim
Teman…. Banyak sekali kejutan di dunia maya, bukan sedikit para artis bisa terkenal ke seluruh Indonesia bahkan Internasional melalui dunia maya. Di era berkembangnya komunikasi virtual dan jejaring sosial, yang saya sebut dunia maya ini. Virus pun dapat menyebar cepat dengan menyalahgunakan pertemanan dan kepercayaan. Tak usah mencari contoh jauh-jauh karena saya sendiri pernah mengalami menjadi korban di dunia maya.
Baiklah tidak perlu panjang lebar. Dunia maya adalah segalanya untuk sebagian orang termasuk saya. Untuk itu, saya pribadi akan mengadakan lomba menulis yang bertemakan ‘Dunia Maya’. Seberapa pentingkah dunia maya untuk teman semua…? Dampak apa yang didapat di dunia nyata akibat dunia maya. Atau teman-teman punya pengalaman menarik di dunia maya entah itu pengalaman sedih sampai mengharu biru, kesal karena ditipu, lucu, inspiratif, menemukan jodoh di dunia maya, buruan tulis kisah teman-teman untuk diikutkan lomba ini.

SYARAT-SYARAT LOMBA
1. Terbuka untuk umum, siapa saja boleh mengkuti kecuali anggota FLPHK
2. Harus punya blog, notes FB juga bisa
3. Naskah harus sesui dengan tema
4. Pengalaman fiktif / kisah nyata
5. Panjang tulisan bebas, panjang lebih bagus (dapat nilai)
6. Bahasa EYD, boleh juga menggunakan bahasa gaul
7. Tulis naskah di blog / notes masing-masing peserta
8. Tempelkan link tulisan di bawah postingan ini (Kotak komentar)
9. Judul bebas, diawali tulisan “lomba dunia maya”. Contoh: Lomba Dunia Maya-Ketemu Jodoh Di Kompasiana
KETENTUAN PEMENANG
· Cerita sedih, pembaca dapat merasakan kesedihan yang teman rasakan
· Cerita lucu, pembaca ikut cekikikan (terutama saya)
· Cerita bahagia, pembaca dapat merasakan bahagia
· Cerita sukses, pembaca ikut merasa bangga
· Cerita kesal, pembaca ikut mengepalkan tinju
HADIAH
1. Pemenang Pertama : Uang senilai HK$ 300 dan buku “Surat Berdarah Untuk Presiden” sumbangan dari FLPHK (Forum Lingkar Pena Hong Kong) dan cendera mata dari Hong Kong
2. Pemenang Kedua : Uang senilai HK$ 200 Novel ”Ketika Tuhan Jatuh Cinta” dan cendera mata dari Hong Kong
3. Pemenang Ketiga : Uang senilai HK$ 100 dan cendera mata dari Hong Kong
Catatan : Hadiah bisa bertambah (Nglirik teman penulis) kalau cerita teman-teman menarik, insyaalloh akan saya usahakan mencari penerbit untuk dibukukan.
  • Lomba dimulai hari ini
  • Deadline tanggal 9 Juli 2011. Jam 12 malam WIB.
  • Pengumuman tanggal 16 Juli 2011
Untuk link lomba yang disertakan cukup satu, boleh didaftarkan ke salah satu link dibawah ini

* kompasiana, http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/14/lomba-menulis-kisah-nyata-dunia-maya/
* blogspot, http://liya715.blogspot.com/2011/05/lomba-menulis-kisah-nyata-dunia-maya.html
* multiply, http://putrilan9it.multiply.com/journal/item/185/Lomba_Menulis_Kisah_Nyata_Dunia_Maya
* FB, http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150190287595982
* Khusus untuk FB peserta diharapkan mentag tulisannya ke http://www.facebook.com/Auliatuzahro

Read Users' Comments (4)

4 Response to "Lomba Menulis_Kisah Nyata Dunia Maya_Sahabat Dunia Maya"

  1. Anonim, on 13 Juni 2011 11.13 said:

    bagus mba blog'y.. :)

  2. Es Kribo, on 14 Juni 2011 11.12 said:

    terima kasih masukkannya...
    semoga bisa menginspirasii...^^

  3. ofi sugito, on 16 Juni 2011 05.10 said:

    kunjungan balik nih :)

  4. Es Kribo, on 16 Juni 2011 13.02 said:

    yeah..makasih kak Ofi...^^
    lam kenal, yaa...^^

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver