Di Bawah Langit-Mu [Insiden Shukoi 2012]


Bismillah..."Dan apakah mereka tdk memperhatikan burung-burung yg mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yg menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu." (QS 67: 19)

#Turut berduka atas insiden kecelakaan pesawat Shukoi..Semoga keluarga korban diberi ketabahan dan kesabaran.
[My Status; Jum'at, 11 Mei 2012]



Usai mendengar kecelakaan maut Shukoi Superjet 100, pesawat milik Rusia itu membuat saya terkejut. Betapa tidak? Seminggu silam, saya baru saja naik pesawat untuk pertama kalinya. Getir. Sekemelut khawatir menguasai diri untuk tenang. Sebuah pengalaman pertama yang tak terlupakan. Itulah, beberapa alasan mengapa para pramugara-pramugari yang tampil menawan itu memperagakan aksi keselamatan jika pesawat jatuh. Saya memperhatikan seksama peralatan yang sudah tersedia; baju pelampung beserta parasut. Ada juga handbook manual tentang prosedur penggunaan alat-alat safety tersebut. Subhanallah, memang perlu persiapan matang ketika dalam perjalanan, termasuk perjalanan singkat menaiki pesawat. Di bawah langitMu-lah, burung Garuda menjadi saksi kebesaran-Mu yang tak terkira. Untuk meredam semua ketakutan saat mulai flying, saya sengaja untuk membaca surat hapalan bulan ini; QS Al Mulk. Di sana memang ada ayat-ayat yang menentramkan hati. Alhasil, perjalanan PP naik pesawat terasa begitu menenangkan.

Pada waktu pulang ke Semarang, saya juga sempat berbincang-bincang dengan ibu muda, seorang wanita yang merintis karirnya di Jakarta. Beliau long distance dengan suaminya di Semarang. Meskipun kami berbeda keyakinan, Ibu tersebut sangat menghormati saya sebagai muslimah. Beliau tak segan menceritakan pengalamannya berkerja dan histori perjalanan mudiknya dengan pesawat terbang. Bahkan, beliau pernah singgah ke negeri kincir angin di belahan bumi Eropa bersama sang suami. Wah wah..perjalanan 45 menit terasa amat singkat dan cepat terlewat. Sampailah kami di Bandara Ahmad Yani meski jadwal kepulangan terlambat sejam lebih.

Peristiwa kematian memang tidak bisa diprediksi. Sejauh mana manusia bisa mempersiapkannya dengan amal terbaik. Entah kapan, malaikat maut menjemput manusia dan wajarnya mereka tak luput dari kubangan dosa. Pagi ini saya mendapatkan banjir berita mengenai insiden Shukoi 2012. Ada berita media yang menyayat pilu, namun ada pula media yang mengulas sisi lain keamanan transportasi. Berikut saya ambil sumber berita dan dokumentasinya di http://sicopas.blogspot.com/2012/05/penyebab-jatuhnya-pesawat-sukhoi.html?m=1 Meski hanya blog, dalam link ini kita dapat melihat sisi lain kemungkinan penyebab kecelakaan pesawat.

Penyebab Jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100



Foto-foto di Pesawat Sukhoi Sebelum Jatuh
Kabar terkini jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100, Pesawat milik Rusia bernama Sukhoi Superjet 100 yang sedang melakukan demo terbang hilang dari pantauan radar. Pesawat itupun dipastikan jatuh di sekitar kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Kantor berita Rusia, RIA Novosti pada pukul 14.09 WIB memberitakan, pesawat tersebut membawa 44 orang, yang terdiri atas delapan warga Rusia dan 36 warga negara asing. Pesawat dinyatakan gagal kembali ke bandar udara tempat keberangkatan, setelah melakukan demo terbang mengelilingi udara Jakarta.

Pesawat tersebut berada di Jakarta dalam rangka menggelar pertunjukan keliling (road show) ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Sebelum pesawat jatuh foto-foto kegiatan di dalam kabin sempat diabadikan, seperti misalnya pilot pesawat berkursi 98 seat itu, Alexander Yablontsev. Mereka berpose dengan dua pramugari dari Sky Aviation, salah satu pemesan pesawat komersial perdana besutan produsen pesawat tempur Rusia, Sukhoi tersebut.
Penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 diduga karena pilot Alexander Yablontsev mabuk terlalu banyak minum bir saat menerbangkan Pesawat Sukhoi Superjet 100, seperti yang terlihat pada foto diatas.

Seusai saya menayangkan link di atas, banyak komentar berduyun-duyun menanggapi link tersebut (https://www.facebook.com/ania.maharani) . Ada beberapa sudut pandang yang membuka wacana saya tentang pemahaman liberalis. Mereka menganggap bahwa minuman alkohol itu sudah biasa dikonsumsi oleh orang Eropa dan mereka tidak mudah mabuk seketika. Argumentasi terus berlanjut, hingga saya menelusuri ayat suci di Al Qur'an yang menerangkan soal khamr yang tidak memabukkan, QS Muhammad [47]: ayat 15, 


"Perumpamaan taman surga yg dijanjikan kpd orang2 bertakwa; di sana ada sungai-sungai yg airnya tdk payau, dan sungai-sungai air susu yg tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamr (anggur yg tidak memabukkan) yg lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya, mereka memperoleh segala macam-macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang orang yg kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air mendidih sehingga ususnya terpotong-potong?



Sebagai umat muslim, saya sungguh khawatir atas fasilitas2 umum yg menyediakan sarana minuman2 keras. Tidak hanya maskapai penerbangan berskala internasional sja, melainkan tempat penginapan di berbagai kota. Semoga kita senantiasa mendapatkan petunjuk dari-Nya. aamiin

Selain itu, kondisi alam Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat yang curam dengan cuaca kabut yang kadang ekstrim juga menjadi faktor pemicu kecelakaan pesawat. Ada pula yang menjelaskan penyebabnya adalah medan elektromagnetik di kawasan gunung berapi tersebut yang menyebabkan alat komunikasi menjadi tak terarah. Wallahu'alam bishowab. Semoga, kita bisa mengambil hikmah dari insiden kecelakaan ini.

An Maharani Bluepen
120512

Read Users' Comments (3)

3 Response to "Di Bawah Langit-Mu [Insiden Shukoi 2012]"

  1. Mugniar Marakarma, on 12 Mei 2012 10.57 said:

    Maaf baru sempat ke sini mbak ....

    Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Masa sih pilotnya minum bir mbak? Mungkin persangkaan orang saja .... wallahu a'lam.

    Sy liat di TV foto2nya, penumpangnya tampangnya elok2 ya ... mereka ceria sekali sebelum penerbangan padahal sudah diincar sama malaikat maut satu2 .... duh ...

  2. An Maharani Bluepen, on 12 Mei 2012 21.33 said:

    Pilotnya orang Rusia, Bunda..
    mereka kn udah terbiasa minum-minuman alkohol/ bir dan sejenisnya. Tapi, mereka biasanya ga mudah mabuk. Berbeda dengan kondisi pribumi kita. Di sana, mereka mengkonsumsi alkohol buat menghangatkan badan. meski demikian, hukumnya masih tetap haram, kn.

    Saya juga sempat menyadari bahwa ini adalah maskapai penerbangan internasional. jadi, ya, fasilitas minuman alkohol sudah dianggap 'lumrah' bagi penumpang.

    # Afwan, jika ada salah kata. Hal ini bisa untuk diskusi bersama

  3. An Maharani Bluepen, on 13 Mei 2012 13.45 said:

    An berharap, semoga hidup kita berakhir dengan istiqomah bukan larut dalam kemaksiatan ^^

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver