Potret Kartini Masa Kini: Perjuangan Ibu Menkes


Indah pada Masanya: Potret Kartini Masa Kini: Perjuangan Ibu Endang: Berjuang dan Menguasai Bidangnya. Menjadi orang pertama di DEPKES RI Menguatkan yang Sakit. Siapa anak negeri yang tak kenal...


Siapa anak negeri yang tak kenal beliau? Ibu dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH adalah Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II yang menjabat sejak 22 Oktober 2009 hingga 26 April 2012. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Depkes. Endang memperoleh gelar sarjana pada tahun 1979 dariFakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan gelar magister dan doktor dari Harvard School of Public Health. Beliau bersuamikan dr. Reanny Mamahit, SpOG, MM (Direktur RSUD Tangerang) dan memiliki dua putra dan satu putri.Putra pertama bernama Arinanda Wailan Mamahit, putra kedua bernama Awandha Raspati Mamahit, dan anak putri paling kecil bernama Rayinda Raumanen Mamahit. Pada 26 April 2012, Endang mengundurkan diri dari kabinet terkait dengan kondisi kesehatannya yang sejak 5 bulan lalu didiagnosa Ca Paru stadium IV.



Tapi mungkin tak banyak yang tahu tentang perjuangan beliau melawan penyakitnya. Ini aku dapat dari seorang kawan.


Berikut ini potongan pidato yg pernah disampaikan Ibu Endang, aku dapat via email:

Terima kasih atas do'anya. Mohon ma'af kalau pernah bertemu dan ada yg tidak berkenan di hati. Mungkin sudah ada yg dapat dari BBM, tapi semoga berguna:

" Saya sendiri belum bisa disebut sebagai survivor kanker. Diagnose kanker paru stadium IV baru ditegakkan 5 bulan yang lalu. Dan sampai kata sambutan ini saya tulis, saya masih berjuang untuk mengatasinya. Tetapi saya tidak bertanya "Why me ??". Saya menganggap ini adalah salah satu anugerah dari Allah SWT. Sudah begitu banyak anugerah yang saya terima dalam hidup ini: hidup di negara yang indah, tidak dalam peperangan, diberi keluarga besar yang pandai-pandai, dengan sosial ekonomi lumayan, dianugerahi suami yang sangat sabar dan baik hati, dengan 2 putera dan 1 puteri yang alhamdulillah sehat, cerdas dan berbakti kepada orang tua. Hidup saya penuh dengan kebahagiaan. " So .... Why not? " Mengapa tidak, Tuhan menganugerahi saya kanker paru ? Tuhan pasti mempunyai rencanaNya, yang belum saya ketahui, tetapi saya merasa SIAP untuk menjalankannya. Insya Allah. Setidaknya saya menjalani sendiri penderitaan yang dialami pasien kanker, sehingga bisa memperjuangkan program pengendalian kanker dengan lebih baik. 

Bagi rekan-rekanku sesama penderita kanker dan para survivor, mari kita berbaik sangka kepada Allah. Kita terima semua anugerah-Nya dengan bersyukur. Sungguh, lamanya hidup tidaklah sepenting kualitas hidup itu sendiri. Mari lakukan sebaik-baiknya apa yang bisa kita lakukan hari ini. Kita lakukan dengan sepenuh hati. Dan jangan lupa, nyatakan perasaan kita kepada orang-orang yang kita sayangi. Bersyukurlah, kita masih diberi kesempatan untuk itu"



Demikian penggalan kata sambutan Menteri Kesehatan RI dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH bertanggal 13 April 2011, yang ditulisnya menyambut penerbitan buku " Berdamai dengan Kanker "


Powered by Telkomsel BlackBerry®


Maaf, foto-foto bukan hasil jebretan sendiri, pinjem di detik.com


Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari beliau yang telah berpulang kemarin, 02/05 bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Selamat jalan Ibu Endang, Selamat jalan Bu Menkes.... semoga Allah menerangi kubur beliau dan menerima segala amal baik beliau, termasuk kebaikannya untuk selalu bersyukur dan mengajak orang lain bersyukur ditengah "ujian yang Allah berikan. Disaat beliau haru mendapatkan semangat dari orang lain, namun justru beliau masih "menyemangati" orang lain. Semoga Allah menganugerahkan tempat terbaik. Aamiin YRA 
Tulisan ini diikutsertakan pada Kontes Blogger Kartinian yang diselenggarakan oleh Blog Ceritayuni disponsori oleh Blogdetik dan Blogcamp Group.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Potret Kartini Masa Kini: Perjuangan Ibu Menkes"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver