MISTER MASTER

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ 
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Guru..ibarat sebuah lentera ilmu yang takkan memudar :)



Ya. Itulah panggilan kecilku untuknya. Panggilan yang mengandung do’a tersirat akhirnya terealisasi juga. Bukan sebuah kesengajaan ataupun keraguan.Semuanya terjadi secara spontan dan aku tak tahu alasan kenapa panggilan itu muncul di kepalaku saat itu. Usianya masih muda dan belum mencapai gelar Master S2. Tapi ada keajaiban terjadi tatkala do’a dari panggilan itu terwujud. Subhanallah, sebuah cita-cita yang belum tertulis namun sudah tercapai dalam waktu dekat. Tak ku sangka, dirinya menjadi ‘Master Peradaban’ di negeri ini. Menjadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa yang akan mengukir sejarah di kepulauan timur di Indonesia selama setahun. Pada akhirnya dia akan dipanggil dengan sebutan “Bapak Guru” atau istilah kerennya Mister Master. ^__^

Dari riwayat Google Friend Connect, pertemanan kami di dunia maya blogger ternyata sudah begitu lama, terhitung sejak tahun 2009. Anehnya, kami baru mengenal satu sama lain di dunia nyata pada tahun 2011. Saat itu aku sedang mempromosikan produk PKM-K  dalam acara jalan sehat Undip. Dia bersama rombongan keluarga BEM KM mencicipi produk es krim bayam yang aku buat. Promosi berjalan sukses meskipun tak mengantarkan kelompok PKM-K ku ke ajang PIMNAS. Saat itu aku sudah diwisuda dan menjadi asisten dosen di praktikum kampus.

Dalam kesempatan berikutnya, kami bertemu lagi di gazebo kampusku. Tak tahunya dirinya menjadi pembicara dalam acara BEM Fakultas. Setelah ditelusuri, rupanya dia mantan seorang Presiden BEM di kampus sebelah dan saat itu menjabat sebagai Komisi Eksternal BEM KM Undip. Adik kelasku juga pernah bercerita tentangnya, tentang sifat-sifat kepemimpinannya yang baik di mata mereka. Ternyata dia menyimpan banyak fans karena prestasi dan kebaikannya. Dia pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas, student exchange ke Virginia, penerima beasiswa Pertamina, terus apalagi,yah.

Aku belum begitu mengenalnya sampai komunikasi kami berlanjut di YM Messanger. Dalam percakapan YM, aku sedikit memahami karakter/ sifatnya yang tampak. Dia memang orang yang grapyak, terbuka menerima saran dan kritik serta berwawasan luas. Kadang pula agak jayus dan narsis dengan bahasa percakapan yang mengundang tawa. Jiwanya yang koleris kadang juga terjebak dalam sifat melankolis.

Kami memiliki kegemaran yang sama; membaca buku hingga mengoleksinya serta menulis gagasan apapun yang tersimpan di kepala. Kami-pun sama-sama bergelut di dunia jurnalistik. Dia mantan penyiar berita di televisi swasta, sedangkan aku mantan pemimpin redaksi di kampus. Mengenai soal keturunan, kami juga sama anak kelima yang memiliki banyak keponakan. Tak terduga, yah, kami memiliki banyak persamaan. Tak terasa juga kami menjalin persahabatan hingga saat ini.

Do’akan saja, sobat.. Sobatku ini sedang berjuang di dunia pendidikan. Dia menjadi salah satu lilin dalam program Indonesia Mengajar yang dicanangkan oleh Bapak Anis Baswedan. Dulu aku pernah mengikuti seleksi programnya, namun kandas pada seleksi tahap awal. Yap, harapanku tergantikan oleh sobatku yang berhasil menjadi Pengajar Muda. Sungguh tak mudah, saat meluluskan keinginan menjadi seorang guru. Apalagi mengajar di tempat terpencil dengan segala keterbatasan. Perlu ada komunikasi yang baik kepada orang tua, sehingga mereka merestui jalan anaknya masuk ke program ini. Saat itu, aku belum begitu berhasil meyakinkan orang tuaku tentang program pengorbanan mulia ini. Yap. Aku tetap yakin suatu saat nanti aku akan menjadi seorang tenaga pendidik yang mengabdi negara dengan pengorbanan terbaik.

Pesan untuk “Mister Master” yang akan berjuang di tanah Maluku.. Masih tetap pesanku yang sama, sebelum kau diutus untuk mengikuti pelatihan IM; “Mengajarlah dengan sepenuh cinta, Insya Alloh anak-anak didikmu akan memahami dengan hati dan memori dari setiap materi yang diterima.” Dalam setiap perjalanan, Alloh akan Memberikan Petunjuk dan Kekuatan bagi hamba-Nya yang sabar dan berjuang di jalan-Nya. Menjadi guru itu adalah sebuah kesempatan dan kehormatan yang tak bisa dimiliki setiap orang. Karena di dalamnya guru tak sekedar mentransfer ilmu semata, tetapi juga mendidik akhlak muridnya agar menjadi insan yang mulia.

Semangat Pagi yang selalu menyala,
An Maharani Bluepen
15 Dzulhijjah 1433 H/ 31 Oktober 2012 M
Akhir bulan sebagai awal perjuangan yang mulia..
SUKSESS & SEMANGATT ^_____^  

Read Users' Comments (10)

10 Response to "MISTER MASTER"

  1. JeQ the ShadowZ Knight, on 31 Oktober 2012 13.16 said:

    Mister Master? siapakah gerangannya itu? ^_^
    tetapi yg pasti, bangkitkan semangat kesuksesan utk hari yg akan datang di bulan berikutnya...

    Ganbatte!!!

  2. Badiuzzaman, on 1 November 2012 03.55 said:

    Subhanalloh.. Sepertinya saya tau persis siapa orang yang dimaksud disana...
    Sosok yang cocok untuk dijadikan teladan,

  3. An Maharani Bluepen, on 1 November 2012 11.54 said:

    hehehehe..sahabat An, dek JeQ ^^
    iyaa, harus tetap semangat, dunk..

    Ganbarre!!

  4. An Maharani Bluepen, on 1 November 2012 11.55 said:

    :D Dunia sempit, ya, dek Badiuzzaman.. Kita punya jalinan pertemanan yang sama

  5. Badiuzzaman, on 1 November 2012 19.06 said:

    Ya, beliau memang sosok yang menginspirasi... semoga banyak lagi orang-orang seperti beliau yang bisa mengharumkan nama baik almamater dan bangsa

  6. diniehz, on 1 November 2012 19.10 said:

    aw aw, siapakah gerangan sang mister master? semoga senantiasa terjaga persahabatannya karena Allah ta'ala :)

  7. An Maharani Bluepen, on 2 November 2012 06.04 said:

    aamiin..semoga kita bisa mengikuti jejak inspirasinya, yah.. :D

  8. An Maharani Bluepen, on 2 November 2012 06.06 said:

    Dia satu almamater ma An, mbak Din..
    :)
    Insya Alloh..Semoga memang karena-Nya

  9. Tuti Wartati (Aisyah Fathiyah), on 2 November 2012 14.45 said:

    “Mengajarlah dengan sepenuh cinta, Insya Alloh anak-anak didikmu akan memahami dengan hati dan memori dari setiap materi yang diterima.”
    kata yang indah, Insya Allah...semoga tercapai cita2 menjadi pendidik ya An...

  10. An Maharani Bluepen, on 2 November 2012 17.42 said:

    Aamiin Yaa Mujiib...
    Insya Alloh, mbak Tuti..
    saling mendo'akan, yah....t-t

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver