Kopi-RAM [1] [KO]lom ins[PI]rasi [RAM]adhan

[KO]lom ins[PI]rasi [RAM]adhan
Ep.1: 1- 3 Ramadhan 1433 H

Bismillahirrahmanirrahim..

dok.An
Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh SWT, Rabb Semesta Alam yang tak henti-hentinya memberikan sejuta karunia, nikmat Iman, Islam, serta Ihsan, serta tak lupa nikmat kesehatan dan waktu luang hingga An bisa kembali hadir dalam bulan suci dan menuliskan sisi-sisi inspirasi yang An temui dalam kehidupan sehari-hari. Hari ini (20/07) banyak hikmah yang diperoleh, termasuk soal menyikapi perbedaan dalam menyambut bulan suci (hari ini sebagian besar keluarga An sudah berpuasa) sedangkan An sendiri masih dilarang untuk berpuasa. 

Tentang perbedaan itu, sebetulnya tak masalah jika ada yang berbeda dalam mengambil sebuah keputusan untuk meyakini hal mana yang benar. Keputusan pemerintah atau dari kelompok lain? Berbeda, asalkan masih dalam akidah yang sama dan ingin bersama-sama meluruskan niat. Sebetulnya kemantapan hati An untuk berpuasa itu hari ini, tapi untuk menghormati keputusan Pemerintah sebagai qowwam negara (ciee..) An putuskan untuk menetapkan tgl.1 Ramadhan besok Sabtu (21/07). Meski An sadari, An belum bisa berkesempatan untuk menikmati berpuasa minggu pertama bulan suci. Hehehe..

Ngomong-ngomong soal kesehatan, hari ini mendapatkan kabar duka bahwa Ayah teman An sakit keras, masuk ruang ICU karena stroke dan gagal ginjal. Masya Alloh.. Begitu berharganya nikmat kesehatan dari-Mu.. An harus bisa menjaga kesehatan dengan baik, dan memperhatikan kesehatan mama yang sudah semakin renta. Di usianya  yang ke -56, beliau masih bersemangat untuk berkerja tanpa lelah, namun sering melonjak hipertensinya jika kelelahan. Siip..Harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan dan olahraga yang teratur. ^^

Masih berhubungan dengan kesehatan, kali ini An mencoba sharing tentang Tips Bersahur dan Berbuka yang sehat dan Islami. Insya Alloh, semoga bermanfaat..

Tips Bersahur
Dulu pas masih kecil (kelas 2 SD), An selalu bersemangat untuk bersahur. Meski wajah masih ngantuk, An selalu tergoda dengan bau masakan yang disajikan oleh Mbah dan Budhe. Hehehe.. (saat itu An masih pisah dengan mama di Jakarta). Pemahaman An pada saat kecil adalah kalo ndak bersahur yaa ndak berpuasa. Setelah ditelusuri sampai dewasa, ternyata pemahaman itu keliru. Yap. Berpuasalah meskipun tak sempat sahur. Sahur merupakan salah satu sunah berpuasa. Namun bagi An, jika tak sahur, maka tak akan kuat berpuasa. Dengan mindset itulah, An terbiasa untuk sahur saat berpuasa dan selalu bersarapan pagi untuk membekali stamina.

  1. Awali santap sahur dengan berdoa. Berdoapun jangan lupa dengan mengucapkan BASMALAH agar selalu ingat kepada Sang Pemberi Rizki. Iya, kan, Kawan..?
  2. Pilih lebih banyak makanan berserat agar racun dalam tubuh bisa ternetralisir, sel-sel dalam tubuh menjadi sehat, dan radikal bebas di dalam tubuh bisa dikurangi.
  3. Jangan makan sahur dengan hidangan berlemak, banyak diolah dengan minyak, atau banyak mengandung gula. Sebab hidangan atau minuman yang banyak mengandung lemak dan gula itu merupakan penghasil utama radikal bebas. Maka, untuk minumanpun lebih baik memilih AIR PUTIH atau TEH TAWAR. An lebih suka jika meminum AIR PUTIH yang diseduh bersama MADU dan habbatussauda. Rasanya mantap, Kawan.. Ohya, sangat dianjurkan untuk minum 3-4 gelas saat bersahur.
  4. Jangan suka minum yang mengandung kafein karena bersifat dieuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi.
  5. Konsumsilah makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama (karbohidrat kompleks) dibandingkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna (karbohidrat sederhana). Contohnya; gandum, beras merah, yang merupakan karbohidrat kompleks.
  6. Perbanyak makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang cukup lama dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.
  7. Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.
  8. hindari makanan yang digoreng karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, kembung, dan peningkatan BB.
  9. Contoh makanan yang aman dikonsumsi saat sahur adalah nasi putih/ merah, roti, buah-buahan/ kurma, ikan, ayam tanpa lemak, daging has dalam (An tak tahu bentuknya kayak apa), telur (ini yang sering An konsumsi), dan makanan laut alias sea food. Hidangan-hidangan itu mengandung cukup karbohidrat dan protein, agar cadangan energi (glikogen) dalam tubuh tercukupi. So, ga bakal lemes saat berpuasa. An pernah ga makan kurma  atau tak minum madu hingga tubuh merasa cepat lelah.
  10. Tips yang lebih aman lagi adalah seusai sahur jangan langsung tidur, usai sahur nantikan adzan Shubuh dengan bertilawah dan usai shalat lanjutkan dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Tidur setelah Shubuh tak baik untuk kesehatan badan dan pikiran. ^__^

Tips Berbuka
An masih ingat, perjalanan untuk berpuasa sehari penuh adalah suatu usaha yang tak mudah pada saat An berusia sekitar 10 tahun. Saat itu, An sangat malu jika masih berpuasa ala Bedug (jam 12 siang udah buka dahulu kemudian dilanjutkan puasa kembali). Mulai kelas 4 cawu 3, An mulai berani untuk berpuasa penuh. Pernah juga sempat gagal, karena tak kuat menahan lapar dan dahaga. Namun dengan niat yang menggebu, An akhirnya sanggup berpuasa penuh. Anehnya, tak ada hadiah atau iming-iming yang diberikan Mbah atau Budhe. An merasa iri aja kepada teman An yang pada saat itu sudah berani berpuasa penuh. Hehehe.. namanya juga anak ingusan yang belum paham atas hakikat puasa. Saat berbuka adalah moment terindah selama seharian penuh. Dulu, Es merupakan menu andalan An saat berbuka. Namun kebiasaan itu kandas saat An mulai sakit radang tenggorokan.


  1. Lagi-lagi berdoa sebelum makan untuk point utama dan pertama. ^__^
  2. Segerakan berbuka tanpa air es/ soft drink karena bisa menekan rasa lapar, dan merusak pencernaan dan memicu penyakit perut (maag). Sekarang, An lebih suka minum air putih atau minum2an anget yang manis (tanpa teh dan kopi karena memicu HCL lambung tinggi).
  3. Usahakan mendirikan shalat maghrib setelah menyantap 1-3 buah kurma, karena memang disunahkan. Ataupun boleh menyantap kolak yang manis atau makanan yang manis (seperti wajah Anm hehehe..) agar tubuh khususnya otak mendapatkan suplai energi lebih cepat dibandingkan bila kita mengkonsumsi makanan yang tinggi protein atau lemak.
  4. Menu berbuka yang dianjurkan terdiri dari; daging, ika, telur, sayur-mayur, dan kacang merah. Tips untuk menghemat waktu persiapan berbuka; buatlah menu masakan yang menyehatkan, seperti nasi goreng jagung dengan protein dan serat yang cukup.
  5. Point kelima ini perlu dicatat, deh, Kawan.. Jangan makan dan minum terlampau banyak pada saat berbuka puasa. Kerja lambung yang sudah dibiarkan beristirahat sekitar 12 jam, akan menjadi terlampaui berat.
  6. Batasi konsumsi makanan atau minuman olahan. Tau, kan jenisnya apa aja? Yap, seperti sosis, sarden kaleng, dan jenis lainnya karena jenis minuman dan makanan olahan akan lama dicerna oleh tubuh. Proses yang lama akan menghabiskan banyak energi sehingga tidak cukup banyak energi untuk disimpan sebagai glikogen.
  7. selepas tarawih, boleh saja menyantap makanan kue, buah-buahan untuk menyegarkan tubuh.


Yap.. itulah beberapa TIPS bersahur dan berbuka puasa yang An sharing dari buku diary Ramadhan Norma Keisya Avicenna dan sedikit tambahan dari An. Mungkin KAWAN-KAWAN punya TIPS yang lebih jitu? Boleh sharing ke An, yaa.. ^______^

Selamat menjalankan ibadah puasa…
Semoga senantiasa berada dalam kesabaran, keikhlasan, serta keistiqomahan dalam mengisi hari-hari bulan suci.. aamiin..
Mohon maaf atas segala khilaf, yaa..

An Maharani Bluepen
20 Juli 2012


"Bersegeralah kalian dalam mengerjakan amal-amal saleh sebelum datang tujuh perkara, (yaitu) tiadalah yang kalian tunggu melainkan hanya kemiskinan yang kalian lupakan; kaya yang membuat kalian melampaui batas; penyakit yang merusak diri kalian; pikun yang membuat kalian seperti anak kecil; maut yang mendadak; datangnya Dajjal, dia adalah sejahat-jahat orang yang sedang kalian tunggu atau dengan datangnya kiamat, dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit." [Riwayat HR Turmudzi dan Hakim)

Read Users' Comments (2)

2 Response to "Kopi-RAM [1] [KO]lom ins[PI]rasi [RAM]adhan"

  1. Syifa Azz, on 21 Juli 2012 05.33 said:

    makasih tipsnyaa :)

  2. An Maharani Bluepen, on 21 Juli 2012 06.13 said:

    sami-sami, mbak..semoga bermanfaat.. ^_____^

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver