Resensi Buku “How to be a Smart Writer”

Judul               : “How to be a Smart Writer”
Penulis            : Afifah Afra (Yeni Mulati)
Penerbit         : Indiva Media Kreasi
Tahun             : 2007
Komposisi      : 233 hlm; 20,5 cm
Harga              : Rp 22.500,00

Pengen jadi penulis beken seperti Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, Kang Abik, Bang Fuadi, Andrea Hirata atau Afifah Afra? Semuanya membutuhkan proses yang tidak instan. Menjadi penulis berarti memasuki kerajaan imajinasi. Begitu banyak keajaiban yang membentang di depan mata. Hasil karya tulisan bisa menjadi jejak sejarah kehidupan yang tak akan usang dilekang zaman. Apalagi jika hasil tulisan itu dikembangkan menjadi sebuah cerita pendek (cerpen) atau cerita panjang (novel) lalu di publikasikan ke khalayak umum. Betapa bermanfaatnya ilmu atau hikmah dari hasil karya tulisan kita.
Buku “How to be a Smart Writer” merupakan buah tangan dari penulis Indonesia yang tentu sudah kita kenal lewat karya-karya beliau yang super. Afifah Afra, nama pena beliau yang kita kenal lewat novel “Bulan Mati di Javashe Orange”, serial “Ilalang”, “Seroja”, “Marabunta”, dan deretan kisah fiksi Islami lainnya. Yap. Sebagai almamater di Universitas yang sama, Saya merasa bangga atas karya-karya beliau yang menggugah. Inspiratif dan sarat akan nilai dakwah.

Dalam buku ini, Anda akan mengetahui sepuluh alasan mengapa Afifah Afra menulis, bagaimana menulis cerpen, novel, artikel, dan mempublikasikan karya hingga membuat penerbitan sendiri. Dari segudang ilmu dunia menulis yang beliau miliki selama kurang lebih 26 tahun itu dibalut dalam ketebalan buku 233 halaman. Jika Anda kurang pede dalam memunculkan seribu ide dalam menulis, maka buku ini menjadi solusi yang inspiratif.

“Untuk menjadi penulis yang profesional, kita harus memiliki beberapa kebiasaan yang akan menunjang profesi kita. Beberapa kebiasaan yang bisa dilatih antara lain: melatih kreativitas, banyak membaca, rajin menulis diary (catatan harian), berkorespodensi, senang berdiskusi, melihat lebih dekat, akrab dengan bahasa, dan menikmati hidup ini,” ungkap beliau dalam mengembangkan kebiasaan menulis. 

Di bab lain, Anda akan memahami perbedaan antara pembuatan cerpen, novel, serta artikel. “Pelit-pelitlah memilih sebuah kata (diksi) dalam menulis cerpen. Ibarat seorang ibu yang jeli memilih menantu, atau seorang lelaki yang ingin meminang seorang gadis untuk dijadikan pendamping hidupnya,” kata beliau. So, cerpen memiliki ruang yang lebih padat daripada novel. Di sini seorang penulis juga perlu memperhatikan unsur-unsur pembangun baik cerpen maupun novel. Persamaannya, cerpen dan novel bisa bersifat fiksi atau non-fiksi. Berbeda dengan artikel, di dalam sebuah artikel perlu menyanyikan fakta atau data-data yang mendukung tulisan.

Di bagian akhir buku, Afifah Afra menguraikan bagaimana mempublikasikan karya tulisan. Ada beberapa metode, antara lain mempublikasikan sendiri, mengirim ke media, serta menerbitkan buku. Penulis yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik dan LSM sosial ini, juga mengeluarkan kiat-kiat bagaimana menerbitkan buku sendiri (self publishing). Hal ini bisa Anda ketahui dari penerbitan yang beliau rintis bersama suami tercinta dengan nama Afra Publishing, Indiva Media Kreasi. Untuk website beliau bisa diklik di sini (www.afrapublishing.blogspot.com/ ).

Masih ragu untuk menulis dan mempublikasikannya? Buku ini sangat cocok sebagai panduan praktis bagi penulis pemula yang ingin produktif mengasah kemampuannya.

An Maharani Bluepen
060412
“Qayyidul ilma bil kitaabah..” (ikatlah ilmu dengan menuliskannya) ::Hasan Al Banna::

Read Users' Comments (2)

2 Response to "Resensi Buku “How to be a Smart Writer”"

  1. Badiuzzaman, on 4 Desember 2012 06.57 said:

    Banyak orang yang pandai menerbangkan layang-layang namun tidak banyak orang yang bisa menuliskan bagaimana cara menerbitkan layang-layang.

  2. An Maharani Bluepen, on 12 Januari 2013 12.26 said:

    hehe..ibarat sebuah tulisan,ya, dek..yap..mulai dibiasakan saja kalo begitu :)

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver