Cinta dan Benci Karena-Nya

di atas langit cinta
(dok.An)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ أَحَبَّ لِلَّهِ وَأَبْغَضَ لِلَّهِ وَأَعْطَى لِلَّهِ وَمَنَعَ لِلَّهِ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ الإِيمَانَ ».
“Barang siapa yang mencintai karena Allah. Membenci karena Allah. Memberi karena Allah. Dan tidak memberi juga karena Allah. Maka sungguh dia telah menyempurnakan imannya.”(HR. Abu Dawud, disahihkan al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud [10/181] as-Syamilah)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah beriman salah seorang dari kalian sampai aku lebih dicintainya daripada orang tua dan anak-anaknya." (HR. Bukhari)
 Alhamdulillah...dapat ilmu barokah melalui tali ukhuwah di sekolah SEMANGAT PAGI hari ini. An mendapatkan beberapa hikmah dan landasan pokok dari nilai dakwah dan urgensi tarbiyah. ^______^


Ternyata, semua unsur tarbiyah harus diselipi semangat cinta kepada Sang Maha Cinta agar langkah kaki senantiasa ringan melewati arus berliku di sepanjang jalan. KEIKHLASAN akan mengikuti niat yang ISTIQOMAH di jalan Rabbani. 

Searching on searching, menemukan beberapa hadist cinta di dunia maya sebagai berikut http://megapoenya.blogspot.com/2008/11/cinta-karena-allah.html:

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muaz dari Rasulullah S.A.W baginda bersabda: 
"Allah Azzawajalla berfirman: orang-orang yang berkasih sayang kerana kemuliaanku, mereka mempunyai beberapa-beberapa mimbar dari cahaya, sangat dicita-citakan tempat-tempat mereka itu oleh para Nabi, Shiddiqin dan Syuhada." (Riwayat At-tirmizi, Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim)
"Berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling mencintai karena Aku, berhak mendapat cintaku orang-orang yang saling menasihati karena Aku, berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling mengunjungi karena Aku, berhak mendapatkan cintaku orang-orang yang saling membei karena Aku, mereka berada di atas mimbar-mimbar dari cahaya." (Riwayat Ibnu Hibban, di-shahih-kan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib Wa Tarhib, 3019)
Rasul bersabda, "Barangsiapa ingin merasakan nikmatnya iman, hendaklah dia mencintai saudaranya, dan dia tidak mencintainya kecuali karena Allah." (Riwayat Ahmad dan Al-Hakim dan dishahih-kan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah, 2300)
"Tidaklah dua orang yang saling mencintai karena Allah, melainkan orang yang paling dicintai Allah di antara keduanya adalah yang paling besar kecintaannya kepada saudaranya." (Riwayat Al-Bukhari dalam Al-Adabul-Mufrad, dan di-shahih-kan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib Wa Tarhib 3014). 
"Wahai manusia, dengarkan dan fahamilah; ketauhilah bahwa Allah memiliki para hamba yang mereka itu bukan para nabi ataupun syuhada. Para nabi dan syuhada ingin seperti mereka, padahal mereka memiliki kedekatan dan kedudukan di sisi Allah."Seseorang Badui berkata, "Wahai Rasulullah tolong sifatkan mereka kepada kami." Rasulullah lantas tersenyum mendengar ucapan lelaki badui tersebut , dan bersabda, "Mereka adalah orang-orang yang tidak dikenal dan asing, mereka tidak memiliki tali kekerabatan satu sama lain, mereka saling mencintai karena Allah dan menjadi satu barisan. Allah menyediakan mimbar-mimbar dari cahaya, untuk mereka sebagai tempat duduk mereka dan menjadikan wajah dan pakaian mereka bercahaya. Pada hari kiamat manusia diliputi rasa takut namun mereka tidak, mereka adalah wali-wali Allah, mereka tidak merasa takut dan bersedih." (Riwayat Ahmad, di-shahih-kan Al-Albani dalam Shahihut Targhib 3027)

Ada juga ulasan artikel tentang cinta dan benci karena Alloh SWT  http://melekyourminds.wordpress.com/about-hadist/ (:



Dalam Sunan At-Tirmidzi dan lain-lain, Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:
ali iman yang paling kuat adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah. (HR.At-Tirmidzi).
Dalam riwayat lain, Rasulullah juga bersabda: Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna Imannya. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan hadist hasan).
Dua hadist di atas  memberikan informasi kepada kita bahwa Kita harus mencintai terhadap sesuatu yang dicintai Allah, membenci terhadap segala sesuatu yang dibenci Allah, ridha kepada apa yang diridhai Allah, tidak ridha kepada yang tidak diridhai Allah, memerintahkan kepada apa yang diperintahkan Allah, mencegah segala yang dicegah Allah, memberi kepada orang yang Allah cintai untuk memberikan dan tidak memberikan kepada orang yang Allah tidak suka jika ia diberi.
http://melekyourminds.wordpress.com/about-hadist/
http://melekyourminds.wordpress.com/about-hadist/
Dalam konteks syariat, yang dimaksud dengan al-hubbu fillah (mencintai karena Allah) adalah menberikan kasih sayang dan kecintaan kepada orang-orang yang beriman dan taat kepada Allah ta’ala karena keimanan dan ketaatan yang mereka lakukan.
Sedangkan yang dimaksud dengan al-bughdu fillah (benci karena Allah) adalah memberikan rasa ketidaksukaan dan kebencian kita kepada orang-orang yang mempersekutukan-Nya dan kepada orang-orang yang keluar dari ketaatan kepada-Nya dikarenakan mereka telah melakukan perbuatan yang mendatangkan kemarahan dan kebencian Allah, meskipun mereka itu adalah orang-orang yang dekat hubungan dengan kita, sebagaimana firman Allah Ta’ala : Kamu tidak akan mendapatkan suatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling kasih sayang dengan orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang orang itu bapak-bapak, anak-anak, sauadara-saudara ataupun saudara keluarga mereka. ( QS Al-Mujadalah: 22)
Para sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in serta pengikut mereka di seluruh penjuru dunia adalah orang-orang yang lebih berhak untuk kita cintai (meskipun kita tidak punya hubungan apa-apa dengan mereka) dari pada orang-orang yang dekat dengan kita seperti tetangga kita, orang tua kita, anak-anak kita sendiri, saudara-saudara kita, ataupun saudara kita yang lain, tetapi mereka  membenci, memusuhi dan menentang Allah dan Rasul-Nya, dan tidak melakukan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya maka kita tidak berhak untuk mencintai mereka melebihi orang-orang yang berjalan di atas al-haq dan orang yang selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
Demikian juga kecintaan dan kebencian yang tidak disyari’atkan adalah yang tidak berpedoman pada kitabullah dan sunnah Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Dan hal ini bermacam-macam jenisnya di antaranya adalah: kecintaan dan kebencian yang dimotifasi oleh harta kekayaan, derajat dan kedudukan, suku bangsa, ketampanan, kefakiran, kekeluargaan dan lain-lain, tanpa memperdulikan norma-norma agama yang telah digariskan oleh Allah SWT.

*diambil dari beberapa sumber..


An Maharani Bluepen
04 Sya'ban 1433 H

Sebuah niat harus dilandasi oleh rasa cinta kepada Sang Maha Cinta [Alloh SWT].

Read Users' Comments (6)

6 Response to "Cinta dan Benci Karena-Nya"

  1. Ririe Khayan, on 24 Juni 2012 14.37 said:

    benci karenaNYA mungkin lebih mudah jika membenci hal-hal yang diharamkan dalam hukum agama ya? Kalau mbenci sesama [orang] itu kok rasanya gimana..saya sendiri perlu mengaca jika hendak membenci orang lain..TFS ya:)

  2. An Maharani Bluepen, on 24 Juni 2012 15.49 said:

    betul, mbak Rierie..bahkan untuk perasaan membenci-pun, sudah diatur sedemikian rupa..membenci apa-apa yang Dibenci Alloh SWT dan mencintai apa-apa yang Dicintai Alloh SWT.
    Termasuk soal perceraian/ permusuhan yang sangat dibenci Alloh.. ^_____^

  3. Rohis Facebook, on 24 Juni 2012 16.11 said:

    afwan, Link withinx dihapus sj, cz akan memberatkan blog kamu..., kan sdh ada related post yg baru..., barakallahu fiikum.. *smile

  4. Rohis Facebook, on 24 Juni 2012 16.16 said:

    btw link demo tuk Floating Social Sharing Bar sy arahkan sj ke blog kamu ya.., tp awas lho jgn dihapus..! *smile

  5. An Maharani Bluepen, on 24 Juni 2012 16.59 said:

    okee...makasiii sarannya, Sob ^___________^

  6. Anonim, on 24 Juli 2012 12.52 said:

    Benci itu bagian dari cinta :)

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver