Menu Asyik untuk Gol.Darah B

Sehabis hilir mudik ke Rektorat menuntaskan PKM, rasanya pengin banget meneduhkan diri ke dalam WP sambil cari referensi di perpustakaan. Maklum, tugas kampus Blok mulai menumpuk (dari tugas individu mpe kelompok)..having fun, an! selanjutnya an menuju koridor koleksi buku perpustakaan kesukaan..tepatnya di sebelah barat pintu masuk lantai dua. Sambil menengadah ke langit atas, an mencari buku kuliah yang dibutuhkan. Yap! Alhamdulillah ketemu sudah..meski ga nyambung banget ma kuliah EPG, buku EPIDEMIOLOGI Lingkungan, an rasa sudah cukup..Ok..tinggal menuju ke administrator..ups, sebelumnya ada buku yang menarik perhatian an..”MENU SEHAT DAN LEZAT GOLONGAN B” terlintas dalam pikiran, buku karangan Prof. Dr. Ali Khomsan dan Yuni Harlinawati ini mengundang seribu pertanyaan an tentang, “Apa saja sih menu yang cocok untuk golongan darah B?” berikut uraiannya...

Tahukah Anda bahwa golongan darah B muncul setelah golongan darah A? Berdasarkan sejarah evolusi, sekitar 50.000 – 25.000 tahun SM, nenek moyang memiliki tipe darah yang sama, yakni O. Mereka adalah pemburu sejati yang mengonsumsi daging sebagai makanan pokoknya. Namun sekitar 25.000 – 15.000 tahun SM, ketika gaya hidup manusia berubah dari pemburu menjadi peramu, lalu agraris muncul tipe darah A sebagai penyesuaian terhadap kebiasaan yang ada. Akibat percampuran dari berbagai ras dan terjadinya migrasi dari Afrika ke Eropa, Asia, dan Amerika, tipe darah B muncul. Selanjutnya pada zaman modern yang sudah penuh dengan bermacam manusia, tipe darah AB baru muncul.
Dari hasil riset, ada tiga kategori makanan yang mempengaruhi tubuh berdasarkan golongan darah yaitu bermanfaat, netral, dan merugikan. Bermanfaat berarti bekerja bagaikan obat, netral mengindikasikan tidak merugikan atau justru mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk keseimbangan konsumsi makanan anda. Sedangkan yang merugikan yaitu bertindak bagaikan racun bagi tubuh.
Sebagai pemilik golongan darah B, kondisi tubuh Anda secara fisik fit dan mental terfokus dengan kekebalan tubuh yang kuat dan sistem saraf yang seimbang. Golongan darah B membawa sifat genetik yang secara potensial memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik dan kesanggupan mengatasi kondisi yang mudah berubah.
Tips dan Trik SUKSES Mempraktekkan MENU sesuai Golongan Darah:
*Bulatkan tekad saat akan memulai diet golongan darah. Tanamkan pada diri anda bahwa sehat di atas segalanya. Apalagi anda akan mendapat bonus berat badan ideal dan awet muda.
*Pahami daftar2 makanan yang bermanfaat dan netral yang sesuai dengan golongan darah anda dan keluarga. Jangan ragu2 untuk memodifikasinya menjadi hidangan lezat.
*Lakukan perubahan secara bertahap dengan cara menambah porsi makanan yang bermanfaat dan menghindari makanan yang merugikan.
*Lakukan diet ini dengan senang. Hindari kekakuan yang membuat Anda tersiksa dan sengsara. Seakli-kali diperbolehkan menyimpang dari diet Anda, misalnya saat bertamu.
*Dukung dengan olahraga menengah yang seimbang, seperti hiking, sepeda santai, tenis dan aerobik. Lakukan olahraga fisik tiga hari seminggu dan olahraga relaksasi tiga hari seperti yoga dua hari seminggu.

MENU MAKANAN YANG BERMANFAAT DAN NETRAL
Daging dan unggas : domba, kelinci, kambing, rusa, menjangan
Ikan dan seafood : salem, sarden, telur ikan, halibut, ikan lidah
Telur dan produk susu : kefir, keju, susu kambing, susu sapi, yoghurt
Serealia, kacang2an, dan biji-bijian : beras, gandum, kenari, kue beras, kulit beras, oatmeal
Sayur dan buah : anggur, bit, brokoli, jinten, kecambah, kembang kol, kentang manis, kubis, nanas, pepaya, peterseli, pisang, plum, wortel
Bumbu dan tanaman herbal : ginseng, jahe, bumbu kari
MENU MAKANAN YANG MERUGIKAN
Daging dan unggas : angsa, ayam, babi, bebek, burung puyuh, daging asap, daging ham, kodok, kuda, penyu, tupai
Ikan dan seafood : belut, gurita, ikan barukuda, udang, tiram, remis, kepiting, lobster
Telur dan produk susu : teur bebek, susu kedelai, telur puyuh
Serealia, kacang2an, dan biji-bijian : biji bunga matahari, biji gandum, gandum, jagung, kacang mete, kacang tanah, kulit gandum, tapioka
Sayur dan buah : belimbing, kelapa, kesemek, labu, tomat
Bumbu dan tanaman herbal : ginseng, jahe, bumbu kari

Contoh: NASI GORENG KISMIS- untuk 2 porsi
bahan:
2 sdm minyak zaitun untuk menumis
3 siung bawang putih, cincang
2 butir bawang merah, iris halus
300 gr nasi putih
50 gr kacang polong
50 gr paprika merah, potong dadu
40 gr kismis
1 sdm kecap asin
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
2 sdm irisan daun bawang
1 butir telur, dibuat tipis
Cara:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan asi putih, kacang polong, paprika, dan kismis. Aduk rata.
2. Tambahkan kecap asin, gula pasir, garam, dan irisan daun bawang,. Masak hingga semua bahan matang.
3. Sesaat sebelum diangkat, masukkan irisan telur dadar.
4. Angkat dan hidangkan panas.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Menu Asyik untuk Gol.Darah B"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver