Giveaway I Love Islam: "Lembaran Surat Cinta"

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Apa yang Anda rasakan ketika menerima surat cinta? Berbunga-bunga? Pastinya, berjuta rasanya, kan? Begitu pula dengan saya. Ketika menerima surat cinta dari anak-anak dari desa terpencil, perasaan saya berubah menjadi warna biru muda, antara terharu dan bahagia. Dari sana, saya menemukan kebahagiaan dari hal sederhana. Menemukan energi positif yang membangkitkan jiwa.

Itu baru hal kecil yang saya rasakan. Ada lagi surat cinta yang membuat saya bergetar, hati terasa gerimis, dan mata mulai basah karenanya. Ya! Ketika saya membaca Al Qur’an, dan isi kandungannya sangat sesuai dengan kondisi yang dialami. Saat itu saya merasa bahwa Allah sedang berbicara melalui kitab suci. Sangat alami dan mengetuk pintu hati terdalam. Permasalahan hati terasa pudar ketika saya membaca surat cinta-Nya, memahami isi kandungan, dan meresapi bahwa inilah petunjuk dari-Nya. Ada ayat yang meneduhkan jiwa saya yang kerontang saat itu. Mantra ajaib yang selalu saya ucapkan ketika saya berusaha untuk menerima ketentuan-Nya.

QS Al Baqarah ayat 216
2:216

Sahih International
Fighting has been enjoined upon you while it is hateful to you. But perhaps you hate a thing and it is good for you; and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not.
Indonesian
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
QS Ali Imran ayat 139
3:139
Sahih International
So do not weaken and do not grieve, and you will be superior if you are [true] believers.
Indonesian
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.
Pada sabtu lalu (22/03), saya bersama adik-adik SMA Negeri 3 Semarang menonton film Umar ibn Khattab edisi pertama. Episode tersebut menceritakan tentang proses Umar memeluk dien Islam. Umar yang terkenal bengis, kejam, bahkan tega mengubur hidup-hidup anak perempuannya sendiri telah menyatakan masuk Islam! Hal apa yang membuat Umar jatuh cinta kepada agama Islam?


Dari surat itulah, Umar ibn Khattab memperoleh hidayah Islam. Laksana cinta pertama yang langsung meresap ke relung hati saat membaca QS Toha secara perlahan-lahan. Umar ibn Khattab terpana, hatinya luluh, sebuah ungkapan jujur terucap dari mulutnya, “Kitab ini bukanlah perkataan manusia.”

Tak perlu waktu untuk berpikir, sang Umar segera menemui Nabi. Di hadapan Nabi Muhammad, diucapkannya dengan lantang, “Asyhadu alaa ilaha illa Allah wa asyhadu anna Muhammadarrosullah.” Kalimat syahadat yang maha dahsyat ini telah mengantarkan Umar masuk Islam. Tangis bahagia dan pelukan hangat sang Nabi dan para sahabat mewarnai peristiwa tersebut.

Segalanya berubah. Umar menjadi pembela Islam yang setia dan pembela Rasulullah SAW. Dia adalah sahabat terbaik setelah Abu Bakar ash Shidiq. Penyesalan dan tangis taubatnya atas perlakuan jahiliyah selama ini menyisakan bekas aliran mata di pipinya. Akhirnya, do’a Rasulullah SAW terkabul. “Ya Allah, perkuatlah Islam dengan salah satu dari dua Umar.” Allah telah memilih, Umar itu adalah Umar ibn Khattab.
*Thaha adalah salah satu nama mulia Nabi Muhammad SAW. Dipanggil demikian sebagai penghormatan dan penghibur hati beliau atas segala penentangan dan pembangkangan. Oleh karena itu, surat ini dimulai dengan panggilan lembut.
Ada lagi surat cinta yang membawa keteduhan, meyakini asma Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, mengingatkan sebanyak 31x dalam sekali surat, “Fabiayyi aalaa irabbikumaa tukadziban.” Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang engkau dustakan?

QS Ar Rahman (http://quran.com/55)

Subhanallah. QS Ar Rahman ini pernah dijadikan mahar dalam pernikahan sahabat saya. Alur cerita bisa dibaca di sini (http://aniamaharani.blogspot.com/2012/11/izinkan-aku-menangis-karena-bahagia_558.html) Air mata mengalir deras dari sahabat saya saat suaminya membaca hafalan QS Ar Rahman dengan lantang di depan hadirin. Saya-pun ikut menangis karena bahagia. Turut bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Memohon ampunan atas segala nikmat yang sering dilupakan: nikmat Iman, Islam, Ihsan, kesehatan, dan kesempatan.

Kalau boleh saya katakan, Al Qur’an adalah kumpulan surat cinta yang diturunkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW. Al Qur’an terdiri dari 114 surat yang tidak turun sekaligus. Al Qur’an turun secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Para ulama membagi masa turun ini menjadi 2 periode, yaitu periode Mekkah (12 tahun) dan periode Madinah (10 tahun).

QS Al Furqan ayat 32
25:32
Sahih International
And those who disbelieve say, "Why was the Qur'an not revealed to him all at once?" Thus [it is] that We may strengthen thereby your heart. And We have spaced it distinctly.
Indonesian
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).
Ditinjau dari segi kebahasaan, Al Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang-ulang.” Ayat pertama yang turun kepada Rasulullah SAW adalah ayat 1-5 surat Al Alaq (http://quran.com/96). Dari sini, kita bisa memahami bahwa membaca adalah kunci pengetahuan dari sebuah peradaban.
Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan, dan setiap kebaikan itu akan dibalas dengan sepuluh kali lipat.” (HR Tirmidzi)
Sayang beribu sayang… Kemungkinan, salah satu penyebab permasalahan umat Islam saat ini adalah menjauhnya mereka dari Al Qur’an. Generasi muda muslim sekarang lebih menyukai membaca komik/ novel ketimbang membaca Al Qur’an. Mereka lebih gemar bermain gadget/ ponsel setiap hari daripada membaca Al Qur’an setiap hari. Ataupun, banyak orang yang membaca Al Qur’an sekadar ritual untuk mendapatkan pahala. Mereka hanya mengejar target khatam tanpa memahami apa yang mereka baca. Padahal, Al Qur’an sebagai sumber petunjuk dan rahmat dari Allah SWT.

QS An Nisa ayat 82
4:82
Sahih International
Then do they not reflect upon the Qur'an? If it had been from [any] other than Allah , they would have found within it much contradiction.
Indonesian
Maka apakah mereka tidak memperhatikan (memahami) Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.

Tidak perlu jauh-jauh, deh. Pernahkah kita memahami surat Al Fatihah yang kita baca minimal 17x dalam sehari? Paling tidak, kita pernah membaca artinya saja dari tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang ini. Surat ini dikenal sebagai Ummul Qur’an (induknya Al Qur’an), Ummul Kitab (induknya Al Kitab), As Sab’ul Matsani (tujuh yang berulang-ulang) serta bacaan wajib ketika shalat.

Surat Al-Fātiĥah (The Opener) - سورة الفاتحة

Enlarge Text
Shrink Text
1:1
Indonesian
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
1:2
Indonesian
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
1:3
Indonesian
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
1:4
Indonesian
Yang menguasai di Hari Pembalasan.
1:5
Indonesian
Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
1:6
Indonesian
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
1:7
Indonesian
(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
Sungguh indah, bukan?
Susunan Al Qur’an dimulai dengan QS Al Fatihah yang isinya agar manusia memohon hidayah ke jalan yang lurus dan memohon pertolongan Allah. Kemudian diakhiri dengan QS An Nas yang menganjurkan manusia agar memohon perlindungan kepada Allah dari segala bentuk kejahatan. Dari gemar membaca Al Qur'an, Insya Allah kita akan semakin mencintai agama mulia ini.
Yakinlah, kita akan menemukan kebahagiaan dan ketenangan saat membaca Al Qur’an, surat cinta dari Allah sepanjang zaman :)
An Maharani Bluepen

Tulisan ini diikutkan ke dalam give away "I love Islam"

http://monilando.blogspot.com/2014/03/giveaway-i-love-islam-apa-yang.html

Read Users' Comments (10)

10 Response to "Giveaway I Love Islam: "Lembaran Surat Cinta""

  1. Rahma, on 26 Maret 2014 07.53 said:

    sy juga nanti mau menghadiahkan surat ar rahman ke suami saya.. kayak teman kamu yang di kasih suaminyaaa *saya kebalikannya.. hehe. :)

    makasi yah an.. pagi2 udah di kasih surat cintaaa

  2. Ania Maharani, on 26 Maret 2014 09.08 said:

    waaah... so sweet and romantic, sist :*
    An mau juga dong :)

  3. Ninda, on 26 Maret 2014 10.12 said:

    manis banget kak :))
    salam kenal yah sudah dicatat :)

  4. momtraveler, on 26 Maret 2014 11.52 said:

    temen saya juga pernah memaharkan Ar Rahman pada istrinya kak, jangan2 orangnya sama pula?? jadi pengen menghafal Arrahman juga, adem banget tiap baca surat ini :)
    sukses ngontesnya :)

  5. Ania Maharani, on 28 Maret 2014 05.16 said:

    Alhamdulillah..
    terima kasih sudah dicatat :)

    saya emang manis, Ninda.. hihi.. *narsisnya keluar

  6. Ania Maharani, on 28 Maret 2014 05.18 said:

    namanya siapa, Bunda?
    hihi..
    saya juga suka QS Ar Rahman :)
    semoga bisa menghafalkannya dengan baik

  7. Senyum Syukur, on 29 Maret 2014 05.48 said:

    Al-Quran adalah obat.. obat kegundahan, kesepian, kegelisahan, dan semuanya..
    Untuk mereka yang membaca, merenungi dan mengamalkannya..

  8. Monika Yulando Putri, on 29 Maret 2014 08.48 said:

    Merinding aku membaca ayat2 dlm tulisanmu... semoga kt senantiasa ada di jalan ini ya ukhty :')

  9. Ania Maharani, on 29 Maret 2014 09.34 said:

    Yap! Benar.. Al Qur'an adalah Asy Syifa, bersifat penyembuh :)

  10. Ania Maharani, on 29 Maret 2014 09.37 said:

    aamiin yaa Rabb.. T-T

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver