Pelatihan RIFASKES di Yogya (2)


All about RIFASKES

The first time mengikuti riset kementrian kesehatan RI, terbersit rasa penasaran yang membuncah. Bagaimana tentang alur dan prosesnya, semuanya diceritakan dalam pelatihan selama empat hari full (12-15 Juli 2011) di Hotel Santika Yogyakarta. Subhanallah.. An menemukan heterogen karakter dan kalangan dari peserta riset fasilitas kesehatan se-Jawa Tengah. Peserta ada yang dari petugas kesehatan, dosen, mahasiswa S2, serta fresh graduate mahasiswa S1. An masuk dalam seleksi enumerator riset fasilitas kesehatan kota Semarang. Alhamdulillah, masuk dalam 12 orang yang terbagi atas 6 tim. Untuk enumerator tingkat kota/ kabupaten, akan meneliti fasilitas kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas, sedangkan enumerator tingkat provinsi, mereka akan meneliti fasilitas kesehatan di Rumah Sakit. Oh ya, untuk penelitian data Puskesmas ini melibatkan 4.000 enumerator dan dilaksanakan serentak di 9005 Puskesmas, di seluruh tanah air.

Riset ini bertitik belakang dari visi dan misi Kementrian Kesehatan RI; Visi: Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan dengan Misi: (1) Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat mellaui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta mandiri, (2) Melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang paripurna, merata, bermutu, dan berkeadilan, (3) Menjamin ketersediaan dan pemerataan sumberdaya kesehatan, (4) Menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik (Insya Alloh, sebelum hari raya, tugas misi sudah kelar...aamiin...)

Manakah misi yang sesuai dengan rifaskes ini? Hyum, menurut An ada hubungannya juga. Dengan adanya riset ini, kita dapat mengetahui informasi terkini sejauh mana perkembangan fasilitas kesehatan saat ini, supply pelayanan kesehatan termasuk SDM, peralatan kesehatan penting dan canggih, indeks kinerja Puskesmas dan RS, serta pemetaan ketersediaan supply fasilitas pelayanan kesehatan.

Manfaat riset yang terangkum banyak juga. Hasil Rifaskes 2011 dapat dimanfaatkan untuk:

1.       Memberikan masukan untuk penyusunan kebijakan revitalisasi puskesmas.
2.       Memungkinkan Pemerintah Pusat/ Provinsi mengalokasi bantuan atau peran kepada daerah berdasarkan evidens secara optimal.
3.       Memungkinkan Pemerintah daerah mengembangkan supply pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.
4.       Menghasilkan dasar bagi perencanaan fasilitas pelayanan kesehatan di berbagai lingkungan administrasi pemerinatahan.
5.       Menghasilkan peta yang terintegrasi antara masalah kesehatan dan penyediaan pelayanan kesehatan, berdasarkan berbagai riset/informasi yang relevan (RISKESDAS, RIFASKES, PODES, SUSENAS, etc).

Khususnya, bagi An pribadi, riset ini sangat bermanfaat sebagai ladang amal dalam kontribusi kepada kota tercinta, mengasah kemampuan soft skill dalam berkomunikasi, berinteraksi dalam tim serta beradu tantangan pada bulan Puasa nanti. Semoga tetap kuat, tetap sehat, tetap semangat dalam menghadapi segala kejadian. 

Everything is OK with SMILE ^_____________^
An Maharani Bluepen
2507-08:11-

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Pelatihan RIFASKES di Yogya (2)"

Posting Komentar

Thanks for reading
^________^

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver